Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal Gelar Pelatihan Barista

0
20

KENDAL – Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal menggelar pelatihan barista dan buka bersama dengan sejumlah media yang bertugas di Kabupaten Kendal, Sabtu (09/05/21). Pelatihan barista menghadirkan pecinta kopi yang juga wartawan kompas.com, Slamet Priyatin.

Kalapas Terbuka Klas IIB Kendal, Rusdedy mengatakan pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan bekal keahlian warga binaan agar bisa tampil sebagai wirausaha baru setelah mereka keluar dari lapas. Dikatakan pelatihan meracik kopi sangat positif dan bagus untuk bekal mereka agar memiliki keahlian yang bisa dijadikan sebagai mata pencaharian.”Kalau mereka punya keahlian yang bisa menjadi sumber penghasilan. Sangat positif karena mereka tidak akan mengulangi perbuatan yang melanggar hukum,” jelasnya.

Menurut Kalapas pelatihan barista diikuti 18 warga binaan dan sejumlah petugas yang tertarik dengan dunia perkopian. Dijelaskan Kabupaten Kendal punya potensi tanaman kopi yang sangat luar biasa, sehingga dengan pelatihan barista ini alumi warga binaan bisa mengembangkan di luar sana dengan maksimal.

Ditambahkan, kelanjutan pelatihan barista pihaknya juga akan membuka Cafe, yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai sarana pelatihan dan edukasi warga binaan dan petugas yang ingin mengembangkan usaha kopi.”Di Cafe itu mereka akan belajar semua mulai dari meracik kopi yang lezat hingga managemen pengelolaan keuangan,” katanya.

Rusdedy mengaku, pihaknya juga sudah ada sejumlah usaha yang dimanfaatkan sebagai sarana latihan warga binaan seperti peternakan sapi, kambing, ayam dan perikanan.”Semua produksi peternakan dan perikanan dijual kepada masyarakat sekitar dengan harga lebih murah dari pasaran,” pungkasnya.

Salah satu warga binaan, Zaenuri (46) mengaku tertarik dengan pelatihan barista karena dirinya ingin membuka usaha kopi dan angkringan setelah bebas nanti.”Semoga dengan pelatihan ini bisa memberikan keahlian kepada saya dan nantinya dikembangkan menjadi usaha setahun bebas,” harapnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here