MPP Kendal Segera Dilaunching, 5 Perizinan Bisa Dicetak Mandiri

0
35

KENDAL – Dalam waktu dekat, Pemkab Kendal melalui Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) akan segera melaunching Mall Pelayanan Publik (MPP). Kegiatan itu merupakan program 100 hari, Pasangan Dico-Basuki dalam rangka menibgkatkan pelayanan publik terutama dibidang perizinan.

Kepala DPMPTSP, Anang Widiasmoro SSTP MM mengatakan sebenarnya MPP sudah jadi, namun Bipati Dico M Ganinduto memintanya melakukan renovasi interior gedung MPP agar lebih nyaman dan instagramabel.”Saat ini sudah dilakukan renovasi dan kita targetkan sebelum 100 hari kepemimpinan Bupati Dico Mahtado Ganinduto dan Wakil Bupati Windu Suko Basuki, renovasi sudah selesai,” jelasnya, Kamis (06/05/21).

Menurutnya, secara administrasi tenan yang ditempatkan akan diambilkan dari UPTD taknis, lembaga swasta, vertikal, sudah diproses di Tapem. Dijelaskan, untuk acara ceremonial sudah berkoordinasi dengan Menpan RB dan diagendakan launching pada akhir Mei atau awal Juni 2021.”Pihak EO juga sudah dikondisikan, anggaran juga sudah siap. Pekerjaan fisik selesai sebelum 100 hari. Ada sekitar 26 tenan siap menempati MPP,” jelasnya.

Anang mengaku, semangat MPP sebenarnya untuk penyederhanaan prosedur perizinan, meningkatkan nilai investasi dan meningkatkanlayanan masyarakat. Dikatakan, sistem pelayanan MPP Kabupaten Kendal saat ini juga sudah melakukan sejumlah terobosan yaitu pemohon izin bisa mencetak sendiri izin dari rumah setelah permohonan disetujui.”Tahap awal pemohon mengupayakan persyaratan izin melalui online setelah syarat dinyatakan lengkap dan turun rekomendasi dqri OPD terkait, maka pemohon bisa mencetak sendiri di rumah,” katanya.

Cetak mandiri, terkait perizinan trayek, kartu pengawasan trayek, sertifikasi produk industri rumah tangga dan IMB rumah indah.”Setelah syarat masuk secara online kemudian disesuaikan ke OPD Tehnis, jangka waktu tidak lebih tujuh hari kerja sudah bisa dicetak mandiri,” jelasnya.

Kabid Perizinan, Mahmud Eko Saputro mengatakan rencana pihaknya mengajukan peresmian 2 Juni mendapat tepat masuk 100 hari kiberja Bupati Dico Mahtado Ganinduto dan Wakil Bupati Windu Suko Basuki.”Ini masih tahap penyempurnaan, beberapa gerai umkm, resrpsionis, pintu kaca tempat pengaduan,” ujarnya.

Dijelaskan, Minggu ini disampaikan surat ke Kementerian PAN RB untuk meresmikan MPP Kendal. Rencana pelayanan meliputi Bakeuda, Capil, PUPR, LH, DKK, Polres, Kemenag, Bank Jateng, BPJS, KPP Patama, DPTMPSP Provinsi, Dinas perpus dan masih banyak lainya. Sementara gerai UMKM akan diisi Grab, Gojek dan Tokopedia. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here