Olah Porang Jadi Chip, BUMDes Gemar Serap 30 Tenaga Kerja

0
186

KENDAL – Pemerintah Desa Parakan Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal melalui BUMDes Gerakan Ekonomi Kerakyatan (Gemar) bekerja dengan PT JogloSemar Semarang melakukan pengolahan tanaman Porang menjadi chip. Untuk tahap awal saja, kerja sama ini mampu menyerap 30 tenaga kerja, yang semua merupakan warga sekitar.

Kades Parakan, Abdul Said mengatakan, kerja sama itu terbangun berdasarkan asas manfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dikatakan, saat ini baru ada satu alat tapi sudah mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 30 orang.”Ini merupakan pengolahan perdana dan direncanakan setiap hari akan mengolah lima ton Porang menjadi chip,” jelasnya saat pengolahan perdana di Pabrik BUMDes Gemar, Senin (05/04/21).

Menurut Said, setelah diproses menjadi chip, selanjutnya dikembalikan ke PT JogloSemar untuk di ekspor. Ditambahkan, pihaknya juga siap membeli tanaman porang dari masyarakat dengan harga bagus yaitu sekitar Rp 8000/Kg.”Harga menyesuaikan kualitas barang,” jelasnya.

Keterangan Foto: Pabrik pengolahan Porang diresmikan dan pengolahan perdana Porang menjadi chip dimulai.

Dirut  PT JogloSemar, H Tri Aris Wibowo mengatakan kerja sama ini saling bersinergi memberi manfaat dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kedepan tidak hanya Porang yang diolah di pabrik tersebut, rencananya juga akan mengolah Kiles, Sukun dan Kapulogo.”Sekoga dengan kerja sama ini bisa saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar dan perusahaan,” harapnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here