Alumni Jurusan Tata Boga SMK NU 01 Kendal, 30 Persen Jadi Pengusaha Kuliner

0
87

KENDAL– Sedikitnya 30 persen, alumni jurusan Tata Boga, SMK NU 01 Kendal sukses menjadi pengusaha kuliner. Sedangkan 50 persen bekerja disejumlah perusahaan jasa, pariwisata, kuliner serta perhotelan dan selebihnya melanjutkan kuliah. Hal tersebut disampaikan Kepala SMK NU 01 Kendal, Mokh Izudin MPd disela-sela pelaksanaan uji kompetensi keahlian, jurusan Tata Boga, SMK NU 01 Kendal di Laboratorium Tata Boga, SMK NU 01 Kendal, Selasa (30/03/21).”Uji kompetensi keahlian ini, bagian dari tahapan pendidikan di jurusan Tata Boga SMK NU 01 Kendal, sebelum mereka lulus dan praktek ilmunya di masyarakat,” jelasnya.

Menurut Izudin, pihaknya sangat bersyukur alumni jurusan Tata Boga, SMK NU 01 Kendal sekitar 30 persen menjadi pengesahan kuliner, seperti Master Crispy Indonesia,”Dengan menjadi pengusaha, mereka bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat yang masih menganggur,” jelasnya. Dijelaskan, tahun ini ada 33 siswa Tata Boga, SMK NU 01 Kendal yang mengikuti uji kompetensi keahlian yang terbagi menjadi tiga kali.”Setiap kelompok ada 11 siswa yang melakukan uji kompetensi keahlian,” jelasnya.

CEO Legenda Catering, Zusuf Pradana  yang menjadi penguji tunggal uji kompetensi keahlian jurusan Tata Boga SMK NU 01 Kendal mengatakan, ada tiga mata uji yang diterapkan dalam ujian tersebut yaitu membuat gado-gado, sub bakso dan nasi ayam sambal matah.”Mereka harus bisa menyelesaikan, tiga jenis masakan tetsebudalam waktu tiga jam,” jelasnya.

Salah satu siswi peserta ujian, Ana Maghfiroh mengatakan, tidak mengalami kesulitan dalam mengikuti ujian. Menurutnya, sebelum ujian dirinya memang sudah terbiasa memasak masakan yang diujikan.”Alhamdulillah tidak ada kesulitan dalam ujian ini, semua dapat saya selesaikan dengan baik,” katanya.

Ditambahkan, setelah lulus nanti pihaknya ingin menjadi pengusaha kuliner, sehingga bisa memberikan peluang kerja bagi masyarakat yang membutuhkan. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here