Tenaga Medis, Jadi Target Pertama Penerima Vaksin Sinovac

0
12

KENDAL – Bulan  Februari 2021 mendatang, Pemkab Kendal menerima  vaksin Sinovac, Dinas Kesehatan (Dinkes)  Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Karena Januari  ini, baru  ada  empat kabupaten kota yang menerima vaksin tersebut, yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Surakarta dan Kabupaten Magelang.

Setelah menerima vaksin Sinovac, Dinas Kesehatan Kendal  akan langsung menyalurkan ke pelayanan kesehatan atau fasyankes, baik puskesmas maupun rumah sakit.”Para calon penerima akan mendapatkan sms blasting dan mendaftar melalui aplikasi, namun  untuk tahap pertama pada dokter atau tenaga kesehatan, dan kepolisian. Untuk masyarakat umun, menunggu giliran pada  periode berikutnya setelah tenaga kesehatan dan kepolisian rampung,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Feri Nando Radbonay, di Kendal, Selasa (12/01/2021).

Menurutnya Dinkes sudah menpersiapkan  tempat penyimpanan vaksin tersebut dengan suhu antara dua sampai 8 C°

Sementara Petugas pengelola vaksin Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Instalasi Perbekalan Farmasi Dinas Kabupaten Kendal. Abadi mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan semua  perlengkapan dan ruangan yang dingan. “Ada dua kulkas  yang  siap untuk menyimpan vaksin Sinovac  tersebut,” kata Abadi. Bahkan, di dalam ruang penyimpan vaksin ada beberapa freezer dan kulkas untuk menyimpan vaksin tersebut. Karena beda- beda  suhunya, sehingga  masing- masing  vaksin  berbeda  tempatnya. Ada  yang  sampai minus  lima  belas, hingga   dua puluh lima derajat,  seperti  vaksin  volio,” ujar Abadi.

Menurut Abadi, yang jelas ketika vaksin  Sinovac datang, Dinkes sudah siap menerima. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here