Desa Pakis Berbenah, Bersiap Jadi Desa Wisata

0
150

KENDAL – Kondisi pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian masyarakat sulit. Hal itu mendorong  Pemerintah Desa Pakis Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal menyediakan peluang usaha bagi warganya. Desa yang berada satu jalur dengan obyek wisata Bandungan Kabupaten Semarang itu mulai berbenah mempersiap infrastruktur dan sarana prasarana menuju desa wisata.

Belum lama ini sudah di bangun spot selfie bertuliskan Welcom Desa Pakis di jalur Pakis-Bandungan. Spot selfie tersebut saat ini sudah menjadi icon Desa Pakis dan sering dijadikan spot selfie pengendara yang melintas di jalan tersebut.

Kades Pakis, Wibisono mengatakan setelah spot selfie welcome Desa Pakis menjadi icon, pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 2500 meter untuk membangun gasebo-gasebo yang dibawahnya ada tanaman padi dan ikan  atau mina tani serta warung-warung untuk rest area. Selain itu pihaknya juga menyiapkan lahan parkir, bagi wisatawan yang melintas jalan tersebut.”Kami sedang menyiapkan semua infrastruktur untuk menuju desa wisata. Semoga dalam waktu dekat bisa terealisasi,” ujarnya, Minggu (20/12/2020).

Dikatakan, dengan mewujudkan Desa Pakis menjadi desa wisata makan akan berdampak pada peningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.”Nantinya masyarakat yang berjualan disekitar lokasi wisata dibawah naungan BUMDes,” jelasnya.

Wibisono menjelaskan, mulai tahun ini anggaran dana desa lebih banyak digunakan untuk pengembangan ekonomi kerakyatan melalui pengembangan pariwisata karena pembangunan infrastruktur jalan kampung dan infrastruktur pertanian sudah selesai.”Dimasa pandemi Covid-19 ekonomi masyarakat banyak yang jatuh sehingga dibutuhkan terobosan untuk menumbuhkan ekonomi masyakat melalui wisata desa,” jelasnya.

Ditambahkan, pembangunan ini akan dilakukan secara berkelanjutan di tahun 2021.”Setelah pembangunan infrastruktur wisata desa jadi, nantinya warga bisa menjual hasil pertanian buah dan sayuran disana,” pungkasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here