Penyambungan Tanggul Desa Blorok Ditarget Selesai 24 Jam

0
11

KENDAL– Pasca jebolnya tanggul di Desa Blorok akibat limpasan Kali Aji, Jumat (18/12/2020) sore, Dinas PUPR Kabupaten Kendal langsung gerak cepat mengerahkan  alat berat dan dump truk untuk menyambung tanggul yang jebol. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kendal, Ir Sugiono MT memimpin langsung pekerjaan tersebut, Sabtu (19/12/2020).

Sugiyono mengatakan, tanggul tersebut sangat penting bagi warga Desa Blorok dan sekitarnya sehingga langsung diperbaiki. Perbaikan tanggul tersebut melibatkan tenaga dari Kementerian PUPR, PSDA Provinsi Jateng, DPUPR Kendal, anggota TNI, Polri dan masyarakat setempat.

Sebelum melakukan perbaikan, pihaknya terlebih dahulu melakukan penutupan pintu air di Bendungan Kedung Pengilon yang merupakan hulu dari Kali Aji agar air sungai surut.“Setelah air surut, kami bersama dengan puluhan masyarakat melakukan pengurugan tanggul yang jebol,” kata Sugiyono.

Menurut Sugiono, pekerjaan penyambungan tanggul yang jebol bisa selasai hari ini dan dibandingkan pengaspalan jalan sehingga Minggi pagi sudah bisa dilalui warga.

Sugiono menegaskan target awal perbaikan tanggul yang jebol, bisa menyambung terlebih dahulu agar masyarakat sekitar tidak terisolir, terlebih, jika hujan datang, air juga tidak bisa masuk ke permukiman warga.

Ditambahkan, alat berat sudah mulai kerja sejak Jumat malam sekitar pukul 23.00 WIB hingga Sabu dini hari, pekerjaan dilanjutkan Sabtu pagi dengan melibatkan sekitar 100 petugas gabungan. Kasani (56) warga RT 02  RW 03 Desa Blorok yang rumahnyabpersis dibawah tanggul yang jebol mengaku bersyukur kalau tanggul bisa disambung kembali dalam satu hari.”Dengan disambungnya kembali tanggul yang jebol, masyarakat sekitar tanggul akan merasa nyaman danvtodak khawatir kebanjiran lagi,” ujarnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here