Tanggul Jalan Desa Blorok Jebol, 11 Rumah Warga Terendah Banjir

0
26

KENDAL – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kendal Selatan sejak Jumat (18/12/2020) siang mengakibatkan Kali Aji meluap. Arus yang sangat deras mengakibatkan tanggul jalan Desa Blorok Kecamatan Brangsong, jebol sepanjang 6m sekitar pukul 15.30 WIB.

Kepala BPBD Kabupaten Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, sebelumnya ada peringatan dini cuaca Jawa Tengah tanggal 18 Desember 2020 Pukul 12:30 WIB berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan angin kencang pada pukul 12:40 WIB di wilayah Kabupaten Kendal.

Hujan Intensitas lebat terjadi di wilayah Kendal Selatan sejak pukul 11.15 WIB  hingga membuat TMA Bendung Kedung Pengilon hulu S. Aji pukul 15.30 WIB dengan ketinggian 80 cm dengan status siap dan trend naik.

Dikatakan, limpasan aliran Kali Aji sangat deras sehingga menyebabkan tanggul sungai aji di wilayah Desa Blorok jebol dengan lebar -+ 6meter.”Ada 11 rumah warga yang sempat terendah akibat musibah ini,” ujarnya.

Keterangan Foto: Dinas PUPR Kabupaten Kendal mengerahkan alat berat untuk menutup tanggul yang jebol.

Dikatakan 11 rumah warga terdampak tanggul jebol milik Jumain (3jiwa), Kasani (2jiwa), Khasmi (1jiwa), Kasdun (2jiwa), Rudi (4 jiwa), Rudiono (5 jiwa), Sumarti (2 jiwa), Atokilah (4 jiwa), Agus (3 jiwa), Supanji (4 jiwa) dan Hadi Sutarno (1 jiwa).Total ada 31 jiwa yang mengalami dampak bencana itu,” jelasnya.

Menurut Sigit, penanganan darurat akan dibuat penutup tanggul sementara untuk menahan limpas susulan. Diakui, pukul 18.10 WIB limpas sungai sudah surut.” Tidak ada kerusakan pada bangunan rumah, hanya endapan lumpur masuk rumah dan sebagian batu berserakan di halaman,” jelasnya.

Kepala Dinas PUPR Kendal, Sugiono mengatakan pihaknya langsung mendatangkan alat berat untuk menutup tanggul yang jebol.”Situasi malam hari sehingga membutuhkan penerangan untuk penanganan tanggul sementara,” jelasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here