Peran Baznas Kendal, Dari Kegiatan Sosial Hingga Kembangkan Pariwisata

0
14

Keberadaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kendal memiliki peran sangat penting dalam kehidupan masyarakat Kendal. Sejumlah kegiatan mulai dari sosial, pembangunan tempat ibadah, pemberian bantuan modal dan alat usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sudah menjadi program rutin.  Bahkan belum lama ini suport terhadap sarana dan infrastruktur untuk pengembangan obyek wisata tidak luput dari sentuhan.

Seperti yang dilakukan terhadap Pantai Indah Kemangi (PIK) yang berada di Desa Jungsemi belum lama ini. Baznas Kendal membangun sebuah mushola dan memberikan bantuan alat pengangkut sampah serta membangun fasilitas umum seperti toilet dan lapak. Selain itu akan dibangun sumur bor untuk penyediaan air bersih dan alat angkut sampah serta tempat penjualan tiket.”Baznas Kendal sudah lama melebarkan sayap dalam mendistribusikan bantuan mulai dari kegiatan sosial hingga suport pengembangan pariwisata,” ujar Ketua Baznas Kabupaten Kendal KH Ubaidillah , Jumat (18/12/2020).

Menurut KH Ubaidillah, saat ini kondisi ekonomi masyarakat Desa Jungsemi rata-rata masih menengah kebawah, dengan bantuan pengembangan PIK diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar akan meningkatkan sehingga mereka juga bisa mulai berzakat.”Kalau perekonomian masyarakat Desa Jungsemi mulai meningkat maka mereka juga akan meningkatkan menjadi muzakki,” jelasnya.

Manager Baznas Kendal, Moh Mustain, pihaknya siap membantu pengembangan fasilitas PIK. Untuk tahap awal, Baznas Kendal sudah memberikan bantuan motor angkut sampah, selanjutnya akan diberikan bantuan material untuk toilet, mushala dan lapak. Selain itu akan dibangun sumur bor untuk penyediaan air bersih dan alat angkut sampah serta tempat penjualan tiket.

Di tengah pandemi covid-19 ini, Baznas Kendal juga ambil peran memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan melakukan penyemprotan disinfektan sejumlah masjid di Kabupaten Kendal, seperti di Masjid Agung Kendal beberapa waktu lalu.

Keterangan Foto: Baznas Kendal melalui Sekda Kendal M Toha memberikan bantuan disinfektan kepada pengurus Masjid Agung Kendal.

Ditambahkan, selama ini Baznas Kendal  memberikan bantuan dan zakat kepada warga yang membutuhkan bantuan seperti kaki palsu, kursi roda, rehab rumah tidak layak huni. Untuk suport pengembangan ekonomi Baznas Kendal juga memberikan bantuan gerobak dan alat jualan bagi pedagang kaki lima serta bantuan modal.”Terakhir kami merambah ke pengembangan pariwisata,” jelasnya.

Kades Jungsemi, Dasuki mengatakan paska dibuka untuk umum, PIK selalu didatangi pengunjung karena tempatnya yang bagus dan partainya yang luas. Apalagi tiket masuknya hanya Rp 2000 per sepeda motor. Dikatakan, kondisi pasir di PIK sangat lembut dan panjangnya mencapai 2,5 KM. Seiring perkembangan pantai dan pengunjung yang banyak selaku pengelola, terus berbenah dengan melengkapi fasilitas dan wahana yang ada. Mulai dari pembangunan toilet dan mushola semantara.”Pekan lalu mulai kita tambah Banana boat dan speed boat dengan tiket untuk dewasa Rp 20 ribu dan anak-anak Rp 15 ribu,” jelasnya.

Kades Jungsemi, Dasuki mengatakan sebagai pengelola pihaknya akan memberikan pelayan terbaik kepada wisatawan yang datang untuk menikmati PIK bersama keluarga. Ditambahkan, pihaknya sangat bersyukur Baznas Kabupaten Kendal banyak memberikan bantuan terhadap wisata PIK yang dikelolanya mulai dari pembangu mushola, toilet, tenda ukm, sumur bor, tempat tiket dan fasilitas kebersihan lainnya.”Kami sangat bersyukur dibantu banyak pihak untuk mengembangkan PIK, terutama untuk Baznas Kabupaten Kendal,” ujarnya. Agus Umar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here