Kades Poncorejo Ternak Muray Batu Medan dan Cucak Rowo, Dari Hobi Kini Pekerjakan Warga Korban Pandemi Covid-19

0
12

Kesibukan menjadi Kades Poncorejo tidak membuat Rusmanto melupakan kecintaan dan hobi, memelihara Burung jenis Muray Batu Medan dan Cucak Rowo. Justru dari hobi memelihara dua jenis burung cantik ini, menjadi bisnis baru yang menghasilkan pundi-pundi uang di tengah pandemi covid-19 dimana banyak orang kesulitan mencari uang dan menjadi korban PHK.

Rusmanto mengatakan sudah enam bulan lalu mulai ternak burung jenis Muray Batu Medan dan Cucak Rowo.”Berawal dari hobi lalu ada dorongan dari teman yang biasa bisnis dibidang ini, akhirnya sekarang kami tekuni. Alhamdulillah, bisa kembangkan menjadi usaha yang cukup prospektif,” ujarnya.

Kades Poncorejo, Rusmanto menikmati hobi dan bisnisnya ternak burung jenis Muray Batu Medan dan Cucak Rowo.

Menurut Rusmanto, saat ini dirinya ada empat induknya MurayBatuMedan dan Cucak Rowo satu pasang. Sudah banyak yang terjual dalam enam bulan terakhir dan menghasilkan uang hingga belasan juta.

Dikatakan, untuk merawat bisnis barunya itu, pihaknya juga membantu mempekerjakan beberapa masyarakat sekitar yang sebelumnya menganggur.”Justru dengan usaha ini , selain mendapat penghasilan, kita juga mempekerjakan warga yang menganggur di tengah pandemi covid-19, dimana sulit mencari kerja,” jelasnya.

Rusmanto menambahkan untuk merawat burung Muray Batu Medan dan Cucak Rowo cukup gampang. Dibutuhkan makanan seperti Jangkrik dan Kroto dan air yang cukup. Dalam satu seminggu Dibutuhkan pakan senilai Rp 200 ribu untuk semua ternak burungnya.”Akan kami kembangkan biar semakin banyak warga yang bisa ikut bekerja,” jelasnya.

Rusmanto menambahkan, untuk Burung Muray Batu Medan satu ekor anakan yang bagus bisa terjual Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta untuk Burung jenis Cucak Rowo satu anakan bisa mencapai Rp 4 juta sampai Rp 6 juta.”Alhamdulillah bisa buat tambahan hasilnya,” jelasnya. Agus Umar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here