Ajak Media Studi Banding Ke Bandung, Setwan Terapkan Prokes Ketat

0
4

KENDAL – Untuk meningkatkan peran dan fungsi media masa dalam menginformasikan program kegiatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal, SekretariatDPRD Kendal mengajak awak media dan LSM, studi banding ke Bandung, Jumat-Minggu (13-15/11/2020). Studi banding dalam situasi pandemi dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat yaitu setiap peserta wajib memakai masker, jaga jarak dan diminta sering cuci tangan serta bawa handsanitaizer sendiri-sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Ketua DPRD Kendal, H Muhammad Makmun mengatakan, sinergitas antqrq media dengan DPRD Kendal selama ini terjalin baik dan mampu memberikan informasi yang baik kepada masyarakat terkait apa yang sudah dilakukan anggota DPRD Kendal, termasuk hasil produk peraturan yang ditetapkan dan disahkan DPRD Kabupaten Kendal.

Untuk meningkatkan peran media masa dalam memberikan informasi dan membangun sinergitas antara jurnalis dan DPRD Kendal, media masa perlu pemberdayaan perannya agar bisa mendorong pembangunan daerah. Pemberdayaan yang dilakukan adalah terus menjalin kerjasama, agar saling menguntungkan baik media dan DPRD Kendal.

Dalam pers gathering media dengan DPRD Kabupaten Kendal,  peran media masa sangat dibutuhkan sebagai sarana penyampai pesan kepada masyarakat. “Tanpa media apa yang sudah dilakukan dan dilaksanakanDPRD Kendal tidak mungkin sampai ke masyarakat,” ujar Makmun.

Dijelaskan dengan gathering ini nantinya terjadi kerjasama yang saling menguntungkan, serta bisa menjalin kekompakan antara dewan dan media. “Peran fungsi DPRD tidak lepas dari dukungan media dalam rangka menyampaikan apa yang menjadi tugas dan kewenangannya,” imbuhnya.

Salah satu jurnalis yang bertugas di DPRD Kendal, Sapawi mengatakan sinegitas antara insan pers dan DPRD bisa sama-sama menguntungkan. “Tidak hanya itu dprd kendal juga bisa lebih selektif dalam memanfaatkan media dan memilah media yang benar-benar sudah terverifikasi dewan pers,” katanya.

Dalam kegiatan gathering yang dilaksanakan di Bandung menghadirkan perwakilan dari sekretaris DPRD Kota Bandung untuk memberikan masukan apa yang dilakukan untuk mendayagunakan media di Kota Bandung.”Banyak informasi baru yang kami peroleh dari kegiatan ini, begitu juga sebaliknya,” ujarnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here