Sosialisasi Stop ODF Dilakukan Dengan Protokol Kesehatan

0
57

KENDAL – Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal melalui Puskesmas II Patebon melakukan sosialisasi stop Open Defecation Free (ODF) di Balai Desa Jambearum Kecamatan Patebon, Senin (19/10/2020). Kegiatan sosialisasi diikuti belasan peserta yang terdiri dari perangkat desa, tokoh masyarakat dan stake holder terkait.

Petugas dari Puskesmas 2 Patebon Nurul Afifah mengatakan data dari puskesmas 2 Patebon ada sejumlah desa di Kecamatan Patebon yang masih terdapat warga yang melakukan ODF. “Untuk membiasakan masyarakat agqr tidak BAB sembarangan perludilakukan pembinaan dan sosialisasi tentang bahaya BAB sembarangan,” ujarnya.

Sementara Kades Jambearum, Lukman Isnaeni menyampaikan banyak terimakasih atas sosialisasi yang dilakukan Puskesmas II Patebon kepada warganya. Dikatakan, kegiatan ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya meminimalisir perilaku ODF. Diakui, di desanya masih ada masyarakat yang BAB sembarangan. Hal itu disebabkan beberapa faktor diantaranya memang tidak punya toilet, ada juga yang sudah punya namun belum layak pakai sesuai standar kesehatan sehingga kedepan akan dilakukan bimbingan dan arahan serta tidak lanjut dengan mendata warga yang belum punya toilet standar kesehatan.”Mereka akan kami carikan bantuan untuk dikuatkan di rumahnya, atau paling tidak ada toilet umum disekitar rumah mereka,” jelasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here