Lumpur-Krikil Dari Galian C, Penuhi Jalan Bahayakan Pengendara

0
8

KENDAL – Hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Kendal, Sabtu malam (09/05/2020) mengakibatkan material lumpur bercampur kerikil yang berasal daribtambang galian C yang berada di belakang eks bangunan Kecamatan Kaliwungu Selatan memenuhi jalan alternatif Kaliwungu-Boja. Posisi jalan yang menurun sangat berbahaya saat dilewati, bahkan sudah ada beberapa pengendara yang terpeleset dan jatuh saat melewati jalan tersebut.

Sarwono (40) warga sekitar lokasi mengayakan pasca hujan yang mengguyur sejak pukul 16.00 WIB sore, mengakibatkan tanah bekas galian di seputaran jalan dari Desa Darupono hanyut terbawa hujan dan menutup badan jalan.

Menurutnya, kondisi tersebut jelas membahayakan pengendara yang melintas dijalur tersebut. “Beberapa pengendara sepeda motor sempat terjatuh karena badan jalan yang licin. Setau saya sudah ada tiga pengendara yang jatuh saat lewat disana,” ujarnya.

Setelah melihat banyak yang jatuh dirinya akhirnya melaporkan hal ini kepada pihak terkait sehingga petugas Pemdam Kebakaran Kabupaten Kendal datang ke lokasi untuk membersihkan jalan yang penuh lumpur dan kerikil dengan cara disemprot.”Kami harapkan pengelola tambang peduli dengan lingkungan sekitar dan membuatkan saluran untuk menampung longsoran lumpur dan kerikil agar tidak terjadi kejadian serupa,” harapnya.

Salah satu pengendara yang jatuh, Rohmat (45) warga Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan mengatakan saat itu dirinya selesai kegiatan dari Boja. Saat melewati jalan tersebut dirinya sudah berhati-hati karena tau kondisi jalan yang licin akibat lumpur ditambah kerikil. Namun dirinya terpeleset dan jatuh.”Alhamdulillah tidak lupa parah, cuma lecet-lecet. Kami berharap pengelola tambang mengantisipasi hal ini sehingga kejadian serupa tidak terulang,” harapnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here