Pemdes Kalilumpang Siapkan Tempat Isolasi Bagi Pemudik

0
28

KENDAL – Rapat Koordinasi tindak lanjut Penanganan Penyebaran Virus Corona (COVID-19) dilaksanakan di balaidesa Kalilumpang, kecamatan Patean, Rabu (22/04/2020). Rapat diikut stake holder setempat termasuk Babinsa Kalilumpang Koramil 08/Patean Kodim 0715/Kendal  Serka Sutarno.

M Safrudin, Pj Kades Kalilumpang menyampaikan bahwa rakor tingkat desa yang di laksanakan merupakan tinda lanjut dari surat edaran dari bupati Kendal tentang percepatan pencegahan dan  penanganan pandemik Covid 19 di wilayah kabupaten Kendal. “Di tingkat Desa petugas dari gugus tugas penanganan Covid 19 bertugas mendata para pemudik atau pendatang yang baru tiba, Serta memonitoring warga untuk mengetahui kondisi dan riwayat kontak sosial untuk mengantisipasi penularan dan penyebaran yang mungkin terjadi”, tandasnya.

Senada dengan hal tersebut, Indrayanto, Jubir Puskesmas Patean yang menangani penyakit menular  menyarankan untuk melaksanakan Karantina bagi anggota keluarga perantau yang mudik. “Untuk warga harus di sosialisasikan tentang penggunaan masker saat keluar rumah dan hindari berkerumun”, himbaunya.

Sementara Ketua Tim Relawan Patean, Munawar, menganjurkan untuk di laksanakan  Penyemprotan Disinfektan untuk barang, anti septik untuk manusia oleh pihak desa. ” Budayakan Cuci tangan pakai Sabun atau gunakan hand sanitizer saat ditempat umun seperti tempat ibadah dan Balai Desa”, ajaknya.

Serka Sutarno menambahkan dalam rapat tersebut di bahas tentang pembentukan Gugus Tugas tingkat Desa Kalilumpang dalam Penanganan Covid 19, sedangkan kehadirannya sebagai bentuk ketegasan pihak Kodim 0715/Kendal untuk berpartisipasi dalam penanganan wabah covid 19.   “Terkait penanganan Covid 19, Dandim 0715/Kendal  perintahkan seluruh Babinsa untuk terlibat aktif di wilayah binaan  dan bekerja sama dengan instansi terkait dalam upaya menghentikan penyebaran covid 19,” ungkapnya. (AU/01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here