Pohon Besar Roboh Di Hutan Cagar Alam, Kaliwungu-Boja Macet

0
14

KENDAL – Sebuah pohon jenis Jati besar berdiameter 120 cm dengan panjang belasan meter roboh menutup seluruh badan jalan di Hutan Cagar Alam, Desa Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan, Selasa (04/02/2020) sore sekitar pukul 15.00 WIB. Akibatnya, jalan alternatif jurusan Kaliwungu-Boja di lokasi kejadian lumpuh total. Warga yang sudah terjebak meter mau tidak mau harus menunggu sampai evakuasi pohon selesai dilakukan petugas BPBD Kabupaten Kendal.

Kepala BPBD Kabupaten Kendal, Sigit Sulistyo membenarkan kejadian itu. Menurut Sigit, setelah mendapat informasi terjadinya pohon tumbang di Darupono pihaknya langsung mengerahkan anggotanya bersama TNI, Polri dan petugas Cagar alam dan masyarakat sekitar bahu membahu memotong dan menyingkirkan pohon yang tumbang.”Alhamdulillah sekitar pukul 16.30 WIB, pohon sudah berhasil dievakuasi dan jalan Kaliwungu-Boja kembali berjalan normal,” ujarnya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada saat melintas di jalan, terutama bahaya pohon tumbang. Pihaknya meminta masyarakat ikut memotong pohon yang rimbun disekitar rumah mereka.”Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, lebih baik kalau ada pohon rindang di pangkas,” harapnya.

Salah seorang, pengguna Jalan, Haryanto (45) warga Boja mengaku terpaksa menunggu petugas menyelesaikan evakuasi pohon tumbang untuk bisa pulang.”Bersama dengan warga lain, saya menunggu evakuasi, setelah selesai jalan kembali normal,” ujarnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here