Gandeng Disdikbud, Percasi Minta Catur Masuk Ekstra Kurikuler

0
40

KENDAL – Percasi Kabupaten Kendal akan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal untuk memasukan catur dalam kegiatan ekstra kurikuler di sekolah. Hal tersebut disampaikan Ketua Percasi Kabupaten Kendal, Mashuri saat Open tournamen catur, Mujib Rohmat Cup di SMK 03 NU Kendal, Minggu (26/01/2020).

Mashuri mengatakan peserta Open tournamen catur, Mujib Rohmat Cup hampir 100 oran. Dikatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mencari bibit atlet menghadapi Porprov 2022. Selain itu nanti pada 2021 KONI Kendal akan memberikan intensif kepada atlet berprestasi Kendal sehingga Percasi harus mempersiapkan diri. Dikatakan, selama iji Percasi Kendal minim prestasi karena hampir tidak ada atlet. Saat ini hanya ada atlet dewasa yaitu Mansur Hidayat Rahmat dan Yati.

Sementara Kendal butuh banyak atlet diantaranya untuk atlet catur cepat beregu tiga orang, catur clasik tiga Itang, catur standar dan kilat.”Selama ini Kendal tidak pernah prestasi, sudah ikut Porprov kalah dari Semarang dan Grobogan,” jelasnya.

Dikatakan dahulu tahun 2007 ada atlet catur adal Kendal yang juara dalam kejuaraan catur antar SMP se-dunia namanya Farid Firmansyah.”Tapi waktu itu diklaim Bekasi karena saat itu Firman dan ayahnya tinggal dan kerja di Bekasi,” ujarnya.

Muhammad Tommy Fadlurraman anggota DPRD Kendal dari Komisi A mewakili Mujib Rohmad mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memajukan olahraga Catur di Kabupaten Kendal. Mujib Rohmat sebagai anggota DPR RI komosi X yang membidangi pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata dan perpustakaan nasional menggelar karena prihatin dengan kondisi percaturan di Kendal. Diharapkan turnamen dapat menggairahkan semangat para atlit catur yang ada di Kendal.

“Mudah-mudahan ke depan turnamen bisa digelar lebih besar lagi baik untuk tingkat propinsi hingga tingkat nasional,” Kata Muhammad Tommy Fadlurrahman yang akrab disapa Gus Tommy.

Arif Kurnia Rahma selaku Ketua Panitia turnamen mengatakan, open turnamen yang digelar memperebutkan piala bergilir dari Mujib Rohmad. “Juara pertama mendapatkan uang pembinaan plus tropi, begitu juga untuk juara kedua dan ketiga,” katanya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here