Aliansi Nusantara Serahkan Bantuan Pasca Banjir di Demak

0
73

Demak – Banjir yang melanda wilayah Guntur Demak menyita perhatian banyak pihak, di antaranya Aliansi Nusantara.

Minggu, (19/1/2020) bertempat di Balai Desa Turitempel sejumlah pemuda yang terkumpul dalam organisasi Aliansi Nusantara Dewan Pengurus Cabang Kab. Demak menyerahkan bantuan kepada korban banjir di wilayah Guntur.

Zainal Abidin, Sekjen Dewan Pengurus Pusat (DPP) Aliansi Nusantara menyampaikan bahwa bencana yang melanda di seluruh wilayah di Indonesia meliputi banjir, tanah longsor, dan gempa membuat pengurus pusat menginstruksikan kepada seluruh jajaran DPP dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) untuk melakukan penggalangan dana, barang dan bantuan apapun yang bermanfaat sejak awal Januari kemarin.

“Termasuk banjir yang melanda di kecamatan Guntur. Kami menyalurkan bantuan yang dibutuhkan masyatakat berupa beras, mie instan, pempers, alat pemeliharaan kesehatan dan alat kebersihan,” kata Zainal Abidin yang juga menjadi staf ahli di DPD RI.
Selain menyerahkan bantuan, mereka juga melihat kondisi langsung pasca banjir di lokasi rumah warga dan di lokasi pertanian yang menjadi kerugian besar bagi petani.
Kepala desa Turitempel Taruki (48), menjelaskan bahwa banjir melanda di beberapa desa meliputi Tlogorejo, Sidoarjo, Bumiharjo, Turitempel dan Trimulyo.

“Banjir yang paling parah memang berada di Trimulyo. Sebab tanggul yang jebol berada di desa tersebut. Namun dampak dari tanggul jebol melanda di sekitarya terutama di desa Turitempel. Di samping merendam rumah warga juga merendam sawah 40 hektar yang sebentar lagi hampir panen,” kata Taruki.

Banjir ini, lanjutnya merupakan banjir yang parah setelah terakhir ahun 1993.
“Warga trauma dengan banjir besar yang pernah melanda. Banyak korban jiwa dan kerugian materi. Sehingga yang meranta pun pada pulang, untuk mengamankan keluarga dan rumah masing-masing,” ujarnya.

Taruki mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan dari Aliansi Nusantara.
“Selama banjir memang bantuan diprioritaskan di desa Trimulyo. Dan bantuan yang diserahkan di desa kami akan segera disalurkan kepada warga kami Turitempel yang terdampak,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here