Pemkab Blora-PLN Teken Kerja Sama PPJU

0
35

BLORA – Manajemen PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kudus, melaksanakan penandantanganan perjanjian kerja sama dengan Permerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, Selasa (14/01/2020).

Perjanjian yang digelar di ruang pertemuan Setda setempat, adalah kerja sama pajak penerangan jalan umum (PJU) dan perjanjian jual beli tenaga listrik pelanggan premium dengan bank BRI kantor cabang Blora.”Khusus perjanjian jual beli tenaga listrik pelanggan premium, ini adalah kali pertama di Blora,” jelas Manager PT PLN (Persero) UP3 Kudus, Darmadi.

Menurut Darmadi, dengan perjanjian kerja sama ini diharapkan terjalinnya kerja sama yang lebih baik, terutama dalam pengelolaan pajak penerangan jalan umum (PPJU).

Ditambahkan Darmadi, saat ini PPJU merupakan salah satu dari penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di Blora.”Saat ini, PPJU yang diterima oleh Kabupaten Blora tiap bulan rata-rata 2,2 miliar,” tambah Darmadi.

Darmadi berharap, kedepan terjalin kerja sama yang baik termasuk dalam pengendalian piutang PLN, karena sembilan persen dari piutang PLN merupakan PPJ yang akan masuk ke PAD.

Dijelaskan Darmadi, total pelanggan PLN di Kabupaten Blora 148.000, sedangkan angka pertumbuhan penjualan di Unit Pelayanan Pelanggan (UPP) Rayon Blora saat ini sekitar 8,22 persen. Angka ini tentunya akan terus meningkat dan berdampak meningkatnya perekonomian daerah yang secara tidak langsung akan menekan angka kemiskinan.

Dalam menunjang kebutuhan akan energi listrik yang sustainable, saat ini PLN menyediakan produk layanan terbaru, layanan premium.

Kelebihan layanan premium, pelanggan tidak perlu khawatir terjadinya pemadaman yang dapat mengganggu kegiatan perbankan, karena akan mendapatkan supply dari dua feeder, sehingga kehandalan dapat terjamin.

Pelanggan, sambung Darmadi akan mendapatkan kompensasi jika terjadi pemadaman yang melebihi service level agreement yang sudah disepakati sebelumnya.

Darmadi berharap, pelaku bisnis maupun industri dapat beralih ke produk layanan premium, agar mampu meningkatkan produktivitasnya tanpa takut listrik padam.

Bupati Blora, Djoko Nugroho, mengaku senang dan memberi apresiasi positif pada PLN, selain pelayanan makin baik, juga ada layanan baru bernama layanan premium.

Bupati juga berharap, kejadian listrik sering padam saat hujan, angin atau mendung, bisa terus diminimalisir.”Jika ada pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik, PLN jangan takut, langsung saja dipotong,” tandasnya. (KU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here