Gelombang Tingggi, Ratusan Nelayan Batang Tak Melaut

0
7

BATANG – Ratusan Nelayan di pesisir pantai utara Jawa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, sudah setengah bulan ini mengalami paceklik. Kejadian tersebut disebabkan gelombang tinggi yang tengah terjadi di laut jawa, sehingga perahu nelayan yang sebagian besar berukuran kecil tidak berangkat mencari ikan.

Dalah satu nelayan Pantai Celong, Cahyono (45) mengatakan alasan tidak melaut dikarenakan ombak yang tinggi sehingga membahayakan keselamatan jiwa manakala dipaksanakan berangkat berlayar dengan menggunakan perahu jenis cukung untuk mencari ikan. “Gelombang tinggi yang mencapai sekitar 2 sampai 3 meter tersebut masih terjadi, membuat para nelayan tidak bisa beraktifitas normal untuk mencari nafkah dan waktu yang tersisa hanya digunakan untuk perbaiki kapal, dan perlengkapanya,” ujar nelayan pantai celong Cahyono, Minggu, (12/01/2020).

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para nelayan tersebut akhirnya hanya mengandalkan hutang, bahkan terkadang terpaksa menggadaikan barang-barang berharga miliknya,”
ungkap Sarmani.

Warga nelayan Pantai Celong Desa Kedawung Banyuputi Kabupaten Batang, saat ini berharap pemerintah setempat bisa segera memberi bantuan berupa sembako. Diperkirakan cuaca buruk seperti yang tengah terjadi masih akan terus berlangsung hingga beberapa hari kedepan.(UJ/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here