Banjarejo Berkomitmen Jadi Desa Inklusi Pertama Di Blora

0
36

BLORA – Desa Banjarejo Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, Jawa Tengah mendeklarasikan diri menuju Desa inklusi. Deklarasi ini ditandai dengan dibentuknya Organisasi Difabel Desa Banjarejo (DDB) oleh Kepala Desa, Suwarno di Kantor Balai Desa setempat, Selasa (07/01/2019).

Suwarno, yang juga penyandang disabilitas amputasi satu kaki itu mengatakan, tujuan dibentuknya organisasi DDB tak lain untuk memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang disabilitas di Desa Banjarejo. Desa Banjarejo sendiri akan berkomitmen menjadi Desa inklusi pertama di Kabupaten Blora.

“Organisasi ini nantinya bertugas untuk mengkoordinir temen – temen difabel yang ada di Desa Banjarejo untuk memberikan kesempatan yang sama dengan warga normal di berbagai bentuk kegiatan,” ungkap Suwarno.

Ketua DDB sendiri akan dipercayakan kepada Tejo Wibowo seorang penderita tuna netra. Saat ini jumlah penyandang disabilitas di Desa Banjarejo sebanyak 50 orang.

Terpisah, Sekretaris Difabel Blora Mustika (DBM) Sriyono Abdul Qohar menyambut baik komitmen Desa Banjarejo menuju Desa Inklusi. Ia berharap agar kedepannya ada Desa – desa lain Di Kabupaten Blora yang segera membentuk organisasi serupa sehingga tidak ada lagi diskriminasi terhadap penyandang disabilitas.

“Mudah – mudahan kedepan terbentuk Perkumpulan Komunitas Difabel Desa – desa lain sehingga bisa mengawal langsung kegiatan menuju Desa Inklusi ramah disabilitas,” ujarnya saat hadir langsung dalam deklarasi tersebut. (KU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here