Longsor, 2 Rumah Mubaidi Rusak

0
19

BATANG – Diguyur hujan selama 3 jam mengkibatkan bencana tanah longsor terjadi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Sebuah rumah hanyut terbawa longsor dan menimpa rumah yang lainya serta 5 rumah yang berada disekitar kejadian terancam.

Hujan yang mengguyur sejak minggu (06/01/2020) sore hingga malam hari mengakibatkan kawasan permukiman padat penduduk di daerah dataran tinggi Kabupaten Batang saat ini merasakan kekawatiran. Pasalnya, 2 rumah milik warga Mubaidi (70) mengalami longsor dan menimpa rumah di bawahnya milik Mesran warga RT 02 RW 01 Desa Purbo Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Saat itu tengah terjadi hujan dengan intensitas tinggi dirinya bersama istri dan kedua cucunya tengah berada didalam rumah. Terdengar suara gemuruh atau retakan pada pondasi talud yang ternyata tanah tersebut mengalami longsor.”Longsoran tanah dan material bangunan rumah yang saat ini bagian depan tengah diperbaiki rusak dan menimpa rumah yang berada dibawahnya,” ungkap pemilik rumah Mubaidi.

Sementara itu Syamsul Huda Kepala Desa Purbo menjelaskan, sebelum kejadian memang terjadi hujan deras, dan kemudian terjadi longsor yang mengakibatkan rumah milik warganya tersebut mengalami rusak akibat terbawa longsoran tanah. Akibat dari peristiwa tersebut kerugian ditaksir mencapai Rp 70 juta. Disekitar lokasi. Memang faktor alam sangat mendukung terjadinya gerakan tanah saat musim hujan, sehingga peristiwa bencana alam tersebut bisa mengancam 5 rumah lainya yang berada persis dibawahnya.“Bencana longsor tersbeut juga langsung dilaporkan ke pemerintah Kabupaten Batan, supaya ditindak lanjuti untuk penanganan selanjutnya,” tuturnya.

Direncanakan, Senin (01/01/2020) siang ini, akan ada proses evakuasi dari BPBD Batang, TNI POLRI, serta ormas Banser dan unsur yang terkait lainya.(UJ/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here