H-1 Natal, Harga Bumbu Dapur Di Limpung Melambung Tinggi

0
16

BATANG – Sehari menjelang hara raya Natal, Sejumlah komuditas kebutuhan dapur di Pasar Tradisional saat ini melambung tinggi. Kenaikan bumbu dapur seperti bawang merah dan cabe merah mencapai 100 persen dari harga sebelumnya, Selasa (24/12/2019).

Seperti yang terjadi di Pasar Tradisional Limpung Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mayoritas kebutuhan bumbu dapur saat ini harganya semakin tak terbendung lagi. Kenaikan harga tersebut meliputi bawang merah dari awalnya hanya dijual dikisaran Rp 20 ribu saat ini tembus Rp 40 ribu perkilogram, diikuti cabe merah yang tembus dikisaran Rp 40 ribu padahal sebelumnya hanya dikisaran Rp 20 sampai Rp 25 ribu perkilogramnya.

Bumbu dapur lainya juga tak mau ketinggalan mengikuti tren yang tengah berkembang, bawang putih naik Rp 4 ribu atau dari harga Rp 21 ribu menjadi Rp 25 ribu perkilogramnya, cabe rawit setan dari Rp 30 ribu menjadi Rp 45 ribu tau naik Rp 15 ribu perkilogram, sementara cabe rawit dari Rp 10 ribu kini menjadi Rp 14 ribu perkilogram.

Salah satu pedagang bumbu dapur, Murtiyah mengatakan, kenaikan harga tersebut dipicu pasokan semakin menipis disaat kebutuhan meningkat, seperti saat ini yang tengah memasuki musim libur natal.”Saat ini stik menipis, tapi permintaan sangat banyak jadi harga naik,” ujarnya.

Jumarni (45) warga Limpung mengaku hanya bisa pasrah melihat keadaan yang seakan-akan sudah menjadi tradisi perubahan harga disaat ada hari-hari besar keagamaan. kenaikan harga tersebut diperkirakan akan terus berlangsung hingga memasuki awal tahun.”Ya mau gimana lagi, kalaupun harga naik yang namanya butuh ya tetap dibeli, tapi jumlahnya yang dikurangi,” ujarnya. (UJ/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here