Desa Cabak Rekrut Puluhan Linmas Perempuan Pertama Di Blora

0
5

BLORA – Pemerintah Desa Cabak  melaksanakan pelatihan kepada 35 personel sukarelawan Linmas Perempuan, selama dua hari Selasa – Rabu (03-04/12/2019) di Pendopo Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora.

Kades Cabak, Ngadenan, mengungkapkan tujuan rekrutmen Linmas Perempuan untuk menjaga dan melindungi Desa, agar tetap kondusif, aman dan nyaman, bagi seluruh warga.

Dikatakan, rekrutmen relawan Linmas Perempuan memang dibuka di Desa, dan ternyata peminatnya sangat banyak, bahkan ada yang berstatus sebagai mahasiswi dua orang mereka masih kuliah di Universitas ternama.”Mereka sabersrmangat motivasinya ikut membantu Desa,” ungkapnya.

Menurt Ngadenan, Rekrutmen Linmas Perempuan di gembleng oleh TNI Polri
yang memberikan materi Bela Negara dan ketrampilan lainnya kepada personel Sukarelawan Linmas Perempuan Desa Cabak sebagai bentuk pembekalan dan pengetahuan.

Dijelaskan, Linmas yang dulunya bernama Pertahanan Sipil (Hansip) umumnya merekrut para pria, dan peminatnya rata – rata orang yang sudah tua,” Namun kali ini, Pemerintah Desa Cabak, Kecamatan Jiken membuka rekrutmen anggota Linmas untuk perempuan, sebanyak 35 personel,” jelas Kepala Desa Cabak.

Ditambahkan,  selama pelatihan mereka didik SatPol PP Kabupaten Blora meliputi materi – materi Lelinmasan termasuk pengetahuan menghadapi bencana.”Ini pertama kalinya di Blora, makanya kami prioritaskan pelatihannya, agar bisa diikuti Desa – Desa lain di Blora, sepertinya ini adalah pilot project.

Pujo, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Blora mengatakan Materi yang disampaikan narasumber meliputi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Penanganan Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat, Pengamanan dan Perlindungan Masyarakat, Peraturan Baris – Berbaris, Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana, dan Pelaksanaan Dapur Umum.

Perekrutan Linmas tersebut mendapatkan apresiasi dari TNI dan  Polri. Danramil Jiken, Kapten CZi Sundiro, yang ikut memberikan paparan tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara pada kegiatan tersebut, sangat mendukung inisiatif Kades Cabak kali ini.

“Kami sampaikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, kepada personel Linmas Perempuan tersebut, adalah untuk memberikan pengetahuan tentang sejarah perjuangan Bangsa dan Negara kita, sehingga nantinya mereka bisa menularkan semangat ini kepada warga, termasuk untuk mengantisipasi gangguan dan halangan dari dalam, yaitu terorisme dan radikalisme,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Jiken, Iptu Eko Septi Supriyono,SE juga mendukung perekrutan tersebut, yang bertujuan untuk menciptakan ketentraman dan ketertiban di lingkungan Desa Cabak dan sekitarnya.

“Untuk menciptakan situasi yang tertib dan aman, jelang Pilkada 2020, perlu juga disiapkan personel Sukarelawan Linmas dari perempuan, kami siap mendukung dan membantu demi terciptanya kondusivitas wilayah Jiken dan sekitarnya,” pungkas Iptu Eko Septi. (KU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here