Baznas Buka Bersama Peternak Binaan-Anak Yatim

0
43

KENDAL – Sebanyak 304 peternak binaan dan santri TPQ, buka bersama dengan Baznas Kabupaten Kendal dan Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) Baznas Pusat. Kegiatan bertajuk “Gulai Ramadhan Berbagi 1000 buka bersama Anak yatim dan Dhuafa” dipusatkan di wilayah ZCD Desa Bringinsari Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal, Jumat (24/05/2019). Secara Nasional kegiatan Gulai Ramadhan telah menyebar 135 ekor kambing dan 13 titik kegiatan.”Desa Bringinsari dipilih karena merupakaan pusat Balai Ternak Binaan Baznas” tutur Sugeng Prayitno dari LPPM Baznas Pusat.

Menurut Sugeng, kegiatan Gulai Ramadhan bertujuan untuk meningkatkan gizi protein hewani peternak mustahik binaan Baznas.  “Menu berbukanya berupa sate dan gulai kambing, menu yang jarang dikonsumsi masyarakat kurang mampu,” tambah Sugeng.  

Dijelaskan, Konsep kegiatan ini juga untuk memberdayakan peternak binaan Baznas. “Jadi kambingnya dibeli dari peternak dan dimasak langsung oleh peternak” tutur Sugeng. Untuk kegiatan di willayah Kendal tersebut, telah disembelih 7 ekor kambing.

Untuk lebih menyemarakkan kegiatan Gulai ramadhan ini, juga dilakukan kegiatan aneka lomba dan mendongeng. “Agar tidak sebatas acara buka, memanfaatkan moment ini, kami merancang kegiatan untuk syiar agama dan peningkatan pemahaman Islam” tutur Arif Fajar Hidayat selaku penanggung jawab kegiatan.

Dijatakan, sangat ‘eman-eman’ kalau momentum itu hahya untuk acara buka bersama. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan berupa lomba doa pilihan, hapalan surat pendek dan tahsin AL Quran. “Semua lomba diikuti oleh santri TPQ MDA Miftahul Ulum Desa Bringinsari” tambah Arif. Kegiatan lomba dilaksanakan selepas bada dhuhur hingga masuk waktu ashar. Selepas shalat ashar berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan tausyiah dengan metode mendongeng. “Agar tausyiahnya lebih mengena sengaja kita memakai metode berbeda yaitu dengan mendongeng” imbuh Arif.

Dalam kesempatan tersebut dihadirkan Kak Farid dan Oned (boneka mendongengnya) selaku Ketua PPMI (Persatuan Pendongeng Muslim Indonesia) Kabupaten Kendal.

Kegiatan Gulai Ramadhan ini sangat diapresiasi oleh Pimpinan Baznas Kab Kendal. “Alhamdulillah saat ini Kab Kendal bisa menurunkan angka kemiskinan. Salah satu kontribusinya adalah program dari Baznas” tutur Hj Nunuk Sarah Zenubia pimpinan Baznas Kabupaten Kendal. Dengan kolaborasi antara Baznas Pusat dan Baznas Kabupaten diharapkan bisa mengakselerasi pengentasan kemiskinan. “Salah satu  program kolaborasi Baznas Pusat dan Baznas Kabupaten adalah Zakat Development Program (ZCD) di wilayah Bringinsari ini” imbuh Hj Nunuk.

Salah satu tokoh masyarakat Fatkhurrohman selaku tokoh masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan Baznas di wilayah desanya. Apalagi ada kegiatan mendongen bagi anak anak. “dengan tasyiah ala mendongeng anak anak dan warga menjadi tertarik. Dan lebih mengena ilmu yang disampaikan” terang Fatkhurrohman. “apalagi menu bukanya sate dan gule. Jarang-jarang mereka makan kayak gini,” ujarnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here