Tingkatkan Pelayanan, RSUD dr H Soewondo Gelar Bimbingan Akreditasi Rumah Sakit

0
50
Keterangan Foto: Bimbingan akreditasi rumah sakit SNARS Edisi I ditutup.

KENDAL – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, managemen pengelolaan rumah sakit dan peningkatan tenaga medis, RSUD dr H Soewondo Kendal menggelar bimbingan akreditasi rumah sakit, Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi I. Kegiatan itu menghadirkan dua pembimbing yaitu dr Sri Pratomo SpB FinaCS FICS, Siti Rochmani SKep MKes. Acra tersebut berlangsung tiga hari yaitu Selasa-Kamis (36-28/03/2019) di RSUD dr H Soewondo Kendal.

Wadir Pelayanan Medik RSUD dr H Soewondo Kendal, dr Rachmat mengatakan, secara umum kegiatan dibagi tiga kelompok yaitu medis, keperawatan dan managemen.”Untuk bimbingan tahap ini dua materi yaitu keperawatan dan medis dan tanggal 4-6 April bimbingan tentang managemen,” jelasnya. 

Dikatakan tujuan tujuan dari kegiatan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien,”Mulai dari standar pasien masuk dirawat sampai pulang lagi, semua ada regulasi dan standar,” jelas dr Rachmat. 

Keterangan Foto: Peserta bimbingan akreditasi rumah sakit saat mengikuti proses telusur.

Pembimbing akreditasi rumah sakit, SNARS edisi I, dr Sri Pratomo SpB FinaCS FICS, mengatakan, pihaknya kasus dengan semangat peserta yang sangat hebat mulai dari direktur hingga karyawan. Dikatakan, semangat itu akan menjadi modal utama mencapai perubahan pelayanan dan managemen rumah sakit agar lebih  baik. Dikatakan, prinsip secara keseluruhan mulai dari kebijakan masih ada perbaikan penomoran yang harus diisi. Sementara hasil telusur di lapangan lebihakan rumah sakit harus bisa memilah akses ke tempat mana pasien akan dituju.”Kalau harus ke ruang isolasi, harus disiapkan jalan yang standar sgt tidak menimbulkan masalh lain,” katanya.

Dijelaskan, untuk masalah ruang observasi  kalau ada pasien emergency harus disiapkan dengan maksimal agar pelayan tidak kacau. 

Pembimbing Siti Rochmani SKep MKes mengatakan hasil proses dan hasil bimbingan sementara sudah bagus, namun pihaknya akan membuat laporan, detail serta rekomendasi yang akan disampaikan kepada RSUD dr H Soewondo Kendal untuk perbaikan kedepan dan hasilnya juga bisa diupload.”Mencacat dan menindaklanjuti hasil telusur dan praktik lapangan. Secara garis besar semangatnya bagus masih terjaga,” pungkasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here