Meresahkan Warga Turunrejo, Buaya Muara Ditangkap Ramai-Ramai

0
19

KENDAL – Penemuan seekor buaya di Kali Blorong menggegerkan warga Desa Turunrejo Kecamatan Brangsong Kendal. Buaya yang diperkirakan panjangnya 170 centimeter itu sering muncul ke daratan dan permukaan sejak dua minggu terakhir. Kemunculan buaya itu tentu membuat resah dan takut warga sekitar. Pasalnya buaya kerap muncul dan masuk ke tempat pembuatan bata yang lokasinya tak jauh dari Kali Bolorong.

Warga yang semakin resah ahirnya memberanikan diri menangkap buaya itu yang muncul di daratan, Rabu (27/03/2019). Agus warga yang ikut menangkap buaya mengatakan saat menangkap buaya, warga mencoba memancing buaya menggunakan seekor unggas untuk dijadikan umpan. Setelah dua jam menunggu akhirnya buaya itu berhasil ditangkap oleh para warga.

Untuk menangkap buaya itu dibutuhkan sebanyak lima orang.”Saat ditangkap buaya sedang kondisi lapar sehingga memberikan perlawanan yang cukup kuat,” jelasnya. Warga menduga masih ada buaya lainnya di Kali Blorong Kendal, pasalnya warga ada yang pernah mengetahui ada buaya yang ukurannya lebih besar dibandingkan buaya yang ditangkap.

Kepala Desa Turunrejo, Abdul Mufid mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan  Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan evakuasi terhadap buaya ini.”Tim BKSDA datang kesini. Kemudian tim meminta kami melakukan penangkapan dengan cara memberikan umpan unggas karena pada saat tim datang buaya tidak muncul,” ujarnya.

Menurutnya, buaya yang ditangkap ini akan simpan di warung milik warga dengan kondisi terikat dan penjagaan dari para warga. Selanjutnya pada esok hari Tim dari BKSDA akan mengevakuasi buaya tersebut.
Tambahkan kemunculan buaya ini merupakan hal yang pertama kali terjadi di Kali Blorong pada bagian berdekatan desanya. Pasalnya pada sebelumnya tidak pernah ditemukan kejadian serupa di desanya.”Kami menduga ada yang sengaja melepas karena di bibir sungai ditemukan karung, lakban dan tali sisa dipakai untuk mengikat, saat ini barang bukti itu dibawa ke Mapolsek Brangsong” pungkasnya. (AU /01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here