Menikmati Indahnya Magelang Dalam One Day Tour 

0
36
Keterangan Foto: Peserta One Day Tour ditunjukan kerajinan kayu Rik-Rok.

MAGELANG – Disela-sela Konferensi Kerja Provinsi (Konkerprov) yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng sekaligus untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mungkid ke-35 yang berlangsung selama tiga hari yaitu Kamis, Jumat hingga Sabtu (21-23/03/2029). Para peserta Konkerprov diajak menikmati indahnya sejumlah situs budaya yang sudah puluhan tahun menjadi obyek wisata andalan Kabupaten Magelang. Wisata sehari bertajuk one day tour, para peserta diajak menikmati sensasi naik mobil antik VW Safari.

Kunjungan pertama peserta yang berjumlah sekitar 50 orang diajak melihat dan belajar tentang sejarah berdiri Candi Pawon. Letak Candi Pawon yang berada di tengah perkampungan warga, membuat pengunjung santai berinteraksi dengan warga sekitar. Seorang gaet bernama Roni Ahmad menjelaskan asal usul dibangunnya Candi Pawin. Menurut penjelasan Roni, Candi Pawon dibangun pada abad VIII oleh Raja Samara Tungga.

Dikatakan, Candi Pawon dibangun untuk menaruh dan menyimpan abu jenasah Raja Indra yang tidak lain adalah ayah Raja Samara Tungga.”Candi ini dibangun khusus untuk menyimpan dan menaruh abu Jenasah Raja Indara yaitu ayah dari Raja Samara Tungga,” jelas Roni.

Usai menikmati indahnya Candi Pawon, peserta melanjutkan perjalanan ke Candi Mendut yang letaknya tidak jauh dari Candi Pawon. Candi Mendut secara bangunan lebih besar dibanding Candi Pawon. Candi yang di dalamnya terdapat tiga patung besar ini menggambarkan seseorang yang sudah meninggalkan segala hawa nafsunya sehingga bisa menjadi seorang Budha. Roni menjelaskan setiap pemeluk agama Budha meyakini akan mengalami reinkarnasi, kalau perbuatan mereka baik dan bisa meninggalkan hawa nafsu maka bisa menjadi seorang Budha.

Usai menikmati keindahan Candi Mendut, peserta diajak menikmati sensasi memetik buah stroberi di perbukitan yang sejuk dan dingin. Stroberi tang dipetik bisa dinikmati langsung di kebun setelah ditimbang dan dibayar. Sejumlah peserta merasa asyik karena bisa menikmati stroberi yang dipetik secara langsung dari Kebon. 

Peserta One Day Tour yang berasal dari perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Magelang, Roswalina dan Rifki mengaku senang dengan sensasi One Day Tour dengan mengendarai VW Safari.”Pengalaman ini sangat berbeda dan baru pertama kami lakukan yaitu keliling Kabupaten Magelang dengan naik VW Safari, bedanya mobilnya lebih terbuka lebih asyik karena mobil antik,” ujar Roswalina.

Melihat Teater Merapi

Selesai menikmati sensasi petik buah Stroberi di Kebon, peserta melanjutkan perjalanan ke obyek wisata Ketep. Disana peserta diajak melihat sejarah Gunung Merapi melalui teater dan menyaksikan panorama indah Gunung Merapi.”Ternyata teater Gunung Merapi sangat luar biasa. Keberadaannya membuat masyarakat di sekitarnya makmur, tapi ancaman Gunung Merapi juga sangat menakutkan,” jelasnya.

Zumrotun Rini Setyowati PLT Kabid Promosi Wisata Disporapar Kabupaten Magelang mengatakan, selesai menikmati teater Gunung Merapi, peserta diajak meninjau kerajinan kreatif Kriya Kayu Rik-Rok yang berada di Jalan Umbul Tirto No.1, Dusun Jowahan, Tingal Wanurejo, Borobudur, Dusun 2, Wanurejo. Disana peserta dilihatkan berbagai kreasi Kriya Kayu Rik-Rok yang berupa pensil gaul dan berbagai kreasi lainya.”Ini menjadi salah satu kerajinan andalan di Magelang dan sudah menjangkau berbagai daerah,” jelasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here