Diklat Penguatan Kasek Ditutup, Pengelolaan Sekolah Diharap Lebih Baik

0
64
Keterangan Foto: Ketua LP Maarif Kabupaten Kendal Ibnu Darmawan memberikan bingkisan kepada para nara sumber dalam acara penutupan diklat penguatan Kasek.

KENDAL – Setelah satu minggu mengikuti diklat penguatan Kepala Sekolah (Kasek) yang disenggarakan Lembaga Pendidikan (LP) Maarif Cabang Kendal bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Kepala sekolah (LPPKS) Kemendikbud yaitu Minggu-Sabtu (17-23/02/2019) di Hotel Tirto Arum Kendal, ahirnya resmi ditutup. 

Penutupan dilakukan secara simbolik dengan mencopot tanda peserta oleh Ketua LP Maarif Kendal Ibnu Darmawan dan iringan doa oleh Basyar Rahman Ketua MKKS SMK Kabupaten Kendal. Salah satu peserta DRS Supriyatno Kepala SMK YPPM Boja mengatakan, sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini karena sangat menarik dan bermanfaat. Dikatakan, diklat ini memberikan banyak ilmu dan pengalaman baru tentang mengagetkan mengelola sekolah agar lebih baik kedepanya.”Saat ini era digital, dalam pengelolaan sekolah juga harus mengikutinya, jangan sampai kita tergilas oleh perubahan zaman,” katanya.

Nara sumber diklat, Siti Nurjanisngsih SSI MT mengatakan, dengan diklat ini diharapkan Kasek maupun calon Kasek mampu memposisikan diri dan mengelola sekolah kedepan agar lebih maju bersama perkembangan zaman yang tidak bisa dihindari.”Semoga ilmu yang diperoleh bermanfaat dan yang membuat kami sangat senang, seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias dari awal hingga ahir,” katanya.

Sementara Ketua LP Maarif Kendal Ibnu Darmawan menyampaikan diklat penguatan Kasek sudah resmi ditutup sehingga diharapkan, para peserta bisa langsung mempraktekan ilmu yang diperolah untum kemajuan sekolah.”Kami harapkan para Kasek ini bisa memejamkan sekolah masing-masing. Meskipun swasta sekolah kita harus berkualitas dan maju,” jelasnya.

Ditambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Kasek  menyangkut manajerial, supervisi dan kewirausahaan. “Kepala sekolah tidak boleh mengelola sekolah berdasarkan insting, tetapi harus sesuai standar yang telah ditetapkan,” ujarnya. 

Ditambahkan, meski diklat sudah selesai dan ditutup namun pihaknya akan tegap memantau sejauh mana implementasi Kasek dalam menerapkan ilmu yang diperolehnya selama diklat berlangsung. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here