Tingkatkan Perekonomian, Warga Sumber Rahayu Diajari Membuat Brownies

0
37
Keterangan Foto: Untuk meningkatakan perekonomiannya, warga Desa Sumber Rahayu diajari membuat brownies gula aren.

KENDAL – Untuk memberikan keahlian anggota PKK Desa Sumber Rahayu Kecamatan Limbangan, KKN UPGRIS menggelar pelatihan membuat brownies gula aren yang manfaatkan bahan baku sederhana, Minggu (10/02/2019).

Putri Aulia Ketua Panitia KKN Upgris 2019 menjelaskan, produksi gula aren yang ada di hampir setiap rumah penduduk dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan makanan bernilai ekonomi tinggi sehingga menambah penghasilan warga.“Salah satu dari olahan gula aren dapat digunakan sebagai bahan pokok pembuatan kue brownies,” kata Putri.

Dikatakan, Desa Sumber Rahayu merupakan desa penghasil gula aren sehingga nantinya mereka tidak sulit mencari bahan baku. Dalam pelatihan tersebut mahasiswa KKN mengundang ibu-ibu PKK dan remaja putri Karang Taruna untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dijelaskan, proses pembuatan brownies gula aren yang dipandu oleh anggota KKN kewirausahaan (KWU) dan kemasan untuk wadah brownies gula aren tidaklah sulit. 

Prosedur pembuatannya bahan gula pasir diganti dengan gula aren. Yang perlu diperhatikan mulai dari ciri khas, komposisi pembuatan produk, informasi yang jelas dalam pembuatan produk yang dijual, memiliki sisi menarik seperti warna, desain, bentuk hingga pemilihan bahan kemasan yang sesuai.”Dengan rasa brownies gula aren yang lezat dan kemasan yang menarik akan mengembangkan perekonomian warga Sumber Rahayu,” jelasnya.

Siti Dariah Ketua PKK menyampaikan pelatihan pembuatan brownies gula aren ini disambut antusias peserta. Dikatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi warga guna meningkatkan perekonomian desa.”Alhamdulillah, BUMDes sudah diresmikan oleh pemerintah dan mendapat dana sekitar 80-an, mudah-mudahan dapat dimanfaatkan oleh warga dan untuk warga,” ujarnya.

Pihaknya berharapan pelatihan pembuatan Brownies gula aren ini bisa dapat diterapkan warga Desa Sumber Rahayu sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga dan membentuk daya kratifitas  pembuatan produk dan pemasaranannya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here