Puluhan Warga Batang Diserang DBD, Korban Didominasi Anak-Anak

0
24

BATANG – Puluhan balita, anak serta orang dewasa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terjangkit virus Bemam Berdarah Dengue (DBD). Virus yang disebabkan jentik nyamuk Aedes Argypti, mayoritas menyerang anak dibawah usia 5 tahun. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, saat ini mereka dirawat di rumah sakit.

Seiringn masuknya musim penghujan yang tengah berlangsung, sedikitnya 67 orang terkena DBD dan sebagian besar terjadi pada anak-anak. Hingga saat ini sebagian besar masih dalam perawatan petugas medis rumah sakit umum daerah Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Kepala seksi pelayanan RSUD Batang, Dokter Yati menjelaskan umumnya mereka merupakan anak-anak dan balita yang saat ini tengah berada di bangsal perawatan petugas medis lantaran positif terjangkit demam berdarah dengue,”jelasnya, Kamis (07/02/2019).

Dikatakan, dari rekam medik yang ada, sejak akhir tahun 2018 mulai dari November terdapat 13 warga, dan Desember sebanyak 20 penderita penyakit DBD. Bulan Januari 2019 mendominasi yakni sekitar 30 pasien dan bulan Februari ada penambahan 4 warga yang masih dalam perawatan petugas medis.

Dijelaskan, rata-rata pasien yang pernah mengalami perawatan medis akibat terjangkit virus tersebut berhasil terobati dan keluar dari rumah sakit dengan kondisi sudah sembuh total. Dirinya menghimbau, masih berlangsungnya musim hujan saat ini para warga untuk memantau perkembangan jentik nyamuk yang terdapat pada bak air kamar mandi dan terlebih genangan air yang berada disekitar rumah untuk terus dilakukan pembersihan dengan Menguras, Menutup dan Mengubur (3M).”Mari jaga kebersihan dan tingkatkan kepedulian saat musim hujan untuk mengurangi dampak DBD ,”pungkasnya. (UJ/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here