Antisipasi DBD, KKN UPGRIS Sosialisasi Lingkungan Sehat

0
80
Keterangan Foto: KKN UPGRIS Wonolopo memberikan sosialisasi lingkungan sehat.

SEMARANG – Selain menanam 1100 pohon,  Mahasiswa KKN Upgris juga mengadakan acara sosialisasi di Kelurahan Wonolopo dengan tema lingkungan sehat. Sosialisasi ini dihadiri perwakilan setiap RT di RW 06. Sosialisasi menghadirkan pemateri yang kompeten di bidangnya yaitu Dwi Yulia Utami dan Isak Sagita. 

Dalam acara sosialisasi tersebut pemateri Dwi Yulia Utami memberikan penyuluhan penanggulangan DBD yang efektif. Pemateri menyampaikan kepada warga agar bersama-sama menjaga lingkungan dengan 3M. Dikatakan, 3M yaitu Menguras kolam air yang terindikasi sebagai sarang jentik nyamuk, Menutup tempat-tempat penyimpanan air bersih agar tidak dihinggapi nyamuk dan Menimbun barang-barang bekas yang bisa menampung air dan dapat menjadi sarang nyamuk.”Kalau 3M dan pembasmian sarang nyamuk dilakukan maka dampak DBD bisa diminimalisir,” jelasnya.

Yulia selaku pemateri menegaskan agar apa yang disampaikan dalam acara sosialisasi dapat ditindaklanjuti untuk menghindari penyebaran Virus Dengue yang disebabkan oleh nyamuk Aedes agepthy. Dengan informasi ini diharapkan masyarakat dapat termotivasi untuk selalu menjaga lingkungannya masing-masing agar tetap sehat lebih baik mencegah dari pada mengobati.Karena penyakit ini sangat berbahaya bahkan berdampak mematikan,” ujarnya.

Koordinator  KKN UPGRIS Anita Tri Yuniarti mengatakan, problem DBS selalu menjadi masalah di masuarajat setiap musim hujan, untuk itu pihaknya terus mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan an ke bersihkannya melalui sosialisasi lingkungan sehat.”Semoga semua warga Wonolopo selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari DBD,” harapnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here