Jalan Penghubung Tiga Kecamatan Putus Tertutup Material Longsor

0
17
Keterangan Foto: warga menonton KBM truk yang terkebak di material tanah longsor.

KENDAL – Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan tebing tinggi disekitar ruas Sokokranen Desa Pagergunung Kecamatan Pageruyung, longsor, Selasa ( 05/02/2019) malam.  Akibatnya, jalan penghubung tiga kecamatan yaitu Weleri, Pageruyung dan Plantungan putus. Warga yang ingin ng akses jalan tersebut terpaksa memutar hingga puluhan kilometer, lewat jalan utama Weleri-Sukorejo.

Sejumlah kendaraan bermotor seperti truk yang nekat menerobos timbunan tanah longsor dari tebing yang curam tersebut terjebak ditengah material longsoran. Salah seorang supir truk, Suwarsono, mengaku terpaksa memberhentikan perjalanan lantaran adanya timbunan longsor yang belum dibersihkan, dan lebih memilih menunggu. Selain timbunan tanah juga terdapat akar pohon yang tumbang saat kejadian berlangsung.”Sedangkan pengguna jalan lain memilih memutar ke jalur utara yang lebih jauh yakni sekitar 20 an kilometer,” ujarnya, Rabu (06/02/2019).

Suyatmini warga sekitar mengatakan, longsor terjadi sejak Selasa malam setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras berjam-jam. Warga mengkawatirkan dengan kondisi tebing yang terlalu curam bisa mengancam sewaktu-waktu terlibih ketika curah hujan dengan intensitas tinggi, masih terjadi longsor kembali. Proses pembersihan material longsor saat ini masih menunggu petugas dari BPBD kabupaten Kendal.(UJ/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here