Tol Semarang-Batang Rp 75 Ribu Dinilai Kemahalan

0
43
Keterangan Foto: Sejumlah pengendara masuk tol Semarang-Batang dari pintu tol Weleri.

KENDAL  Tarif tol Semarang-Batang resmi diputuskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebesar Rp 1000/KM bagi kendaraan golongan satu, Rp 1500/KM untuk kendaraan golongan dua dan tiga dan Rp 2000/KM bagi kendaraan golongan empat dan lima. Namun tarif itu dinilai memberatkan masyarakat, pasalnya tarif itu lebih mahal dari tarif tol Semarang-Salatiga yang jarak tempuhnya justru lebih jauh.

Direktur Utama PT JSB, Arie Irianto mengatakan, Jalan Tol Semarang-Batang yang sepanjang kurang lebih 75 kilometer dan dibangun PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) bersama PT Waskita Karya Tol Road tidak lagi gratis. Mulai Senin (21/1) pukul 00.00 pengelola jalan bebas hambatan itu, memberlakukan tarif. Tarif yang patok yakni Rp 75 ribu dari Pasekaran (Batang) hingga Kalikangkung (Kota Semarang).

Dijelaksan, pemberlakukan tarif tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 54/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Batang Semarang. ‘’Tarif sebesar Rp 75 ribu itu berlaku untuk jenis kendaraan golongan satu seperti sedan, jip, pikup, truk kecil, dan bus,’’ kata dia, Minggu (20/01/2019).

Menurut Arie, ruas tol Semarang Batang bagian dari Tol Trans Jawa. Jalan tol tersebut dilengkapi lima gerbang tol (GT), yakni GT Kandeman di Batang, GT Weleri, GT Kendal, dan GT Kaliwungu ketiganya di Kabupaten Kendal, serta GT Kalikangkung di Kota Semarang. Tarif ditentukan dimana pengguna tol masuk dan dimana mereka keluar, sehingga dihitung sesuai jarak yang ditempuh. ‘’Misalkan pengemudi masuk melalui GT Kendal  dengan tujuan Pasekaran/Batang dikenakan biaya Rp 50.500, sedangkan tujuan Kalikangkung Kota Semarang membayar Rp 24.500. Kami upayakan semua gerbang di tol Semarang Batang sudah bisa digunakan,’’ jelasnya. 

Salah satu pengguna jalan tol, Sunoto (46) mengatakan, penetapan tarif itu terlalu mahal. Dikatakan, jika dibandingkan dengan tarif tol Semarang-Salatiga yang jarak tempuhnya justru lebih jauh justru tarifnya lebih murah.”Semarang-Salatiga yang jaraknya lebih jauh tidak sampai Rp 50 ribu, Semarang-Batang yang jaraknya lebih dekat tarisnya Rp 75 ribu,” jelasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here