Polres Kendal Dapat Penghargaan Leprid, Kategori Evaluasi Kinerja Terbuka Dihadapan Publik

0
45
Keterangan Foto : Kapolres Kendal

KENDAL – Baru sebulan menjabat, Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita, SH, M.Kom, mengukir Sejarah dan Prestasi Gemilang. Bagaimana tidak, Mantan Kapolres Konawe Selatan ini mengumpulkan Masyarakat Kendal di Lapangan Mapolres Kendal, Minggu (30/12/2018) guna meminta kritik, masukan dan saran dari masyarakat Kendal serta melibatkan Forkopimda dan Camat sampai ke tingkat Desa atau Kelurahan.

Terobosan yang cukup berani dilakukan Polres Kendal Polda Jawa Tengah dalam menyerap aspirasi dari masyarakat atas pelayanan dan kinerja Polres Kendal pada tahun 2018.

Bertempat di halaman Mapolres. Gelaran tersebut dikuti ratusan peserta dari berbagai unsur masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut Forkompinda, Kepala OPD, camat dan kades seluruh Kabupaten Kendal.
Diundang pula dari kalangan ormas dan komunitas yang ada di Kabupaten Kendal.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Kendal memimpin secara langsung evaluasi internal terbuka dengan memberikan 3 pertanyaan yang harus dijawab seluruhnya oleh seluruh peserta yang hadir tanpa kecuali.

Ketiga pertanyaan tersebut yaitu apa yang paling tidak disukai oleh peserta terhadap kinerja Polres Kendal, kedua hal apa yang disukai dari kinerja Polres Kendal dan apa saja yang harus dilakukan oleh Polres Kendal pada tahun 2019 yang akan datang.

“Silahkan seluruh peserta yang untuk menjawab semua pertanyaan saya ajukan dan jangan menuliskan nama masing-masing. Dari seluruh jawaban yang ada, akan saya pelajari dengan seksama sebagai materi untuk menentukan langkah yang akan ditempuh oleh Polres Kendal di tahun 2019,” tegas Kapolres Kendal.

Hal ini baru terjadi di Polri, secara terang-terangan Hamka meminta Masyarakat menuliskan apa saja kukurangan dan kejelekan Polres Kendal selama ini yang perlu diperbaiki.

“Silahkan Bapak-Ibu sekalian tuliskan apa saja yang kurang dalam pelayanan Polres Kendal, silahkan tulis yang jelek-jelek tidak apa-apa, sebagai evaluais Saya untuk memperbaiki Polres Kendal Kedepannya,” kata Hamka memandu Masyarakat dalam memberikan Kritik.

Acara Evaluasi Kinerja yang dilaksanakan secara langsung dan terbuka ini, merupakan kali pertama dilakukan di Polres Kendal dan Institusi Kepolisian (Polri), tidak hanya yang pertama di Indonesia namun juga di Dunia belum pernah dilaksanakan hal gebrakan seperti ini.

“Ini Kali Pertama dilakukan di Indonesia dan Dunia, sehingga tidak hanya sebagai Rekor Baru melainkan Sejarah Baru bagi Institusi Polri (Polisi),” tutur General Manager LEPRID, Fitricia Arisusanti saat menyampaiakn hasil penilaian Rekor.

Menurut AKBP Hamka Mapiya acara ini digagas sebagai implementasi Program Kapolri, dalam menerapkan “Promoter” Profesional, Modern dan Terpercaya, hasil Evaluasi dan Kritik serta Saran dari Masyarakat adalah energi baru dalam memperbaiki Kinerja Polres Kendal menuju Polres yang Inovatif dan Inspiratif.

“Semoga dengan mendapat masukan masyarakat secara langsung pada pagi ini, Polres Kendal menjadi Polres yang Inovatif dalam membuat program dan mampu melayani dan mengayomi masyarakat Kendal sehingga Masyarakat semakin Mencintai Polri,” tandas Alumni PPSS 2001 ini kepada awak media. (ADP/01/09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here