KRPL KWT Ceria Desa Pagersari Akan Berlomba Di Tingkat Nasional

0
166
Kepala Dishanpan Prov.Jateng, Ir. Suryo Banendro M.P dan Kepala DPP Kabupaten Kendal berfoto bersama dengan anggota KWT Ceria Dusun Pesantren Desa Pagersari Kecamatan Patean

KENDAL – Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Provinsi Jawa Tengah, melakukan peninjauan ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Ceria selaku pengelola Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Dusun Pesantren Desa Pagersari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal, Sabtu (29/12/2018).

Peninjauan dilakukan dalam rangka pendokumentasian dan monitoring persiapan KWT Ceria untuk mengikuti lomba KRPL tingkat nasional. Tim dari Dishanpan Jateng dipimpin Kepala Dinas Ir. Suryo Banendro MP.

Kepala Dishanpan Prov.Jateng, Ir. Suryo Banendro M.P, memanen luncang hasil budidaya dari anggota KWT Ceria Dusun Pesantren Desa Pagersari Kecamatan Patean

Tampak hadir Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal Ir. Diah Aning Budiarti bersama jajarannya antara lain koordinator PPL Kecamatan Patean Adi Kunwahyono dan PPL Kecamatan Patean.

Dalam peninjauan tersebut, Kepala Dishanpan Prov Jateng Ir. Suryo Banendro MP, didampingi Kepala DPP Kabupaten Kendal dan anggota KWT Ceria, berkeliling melihat secara langsung budidaya berbagai macam tanaman hortikultura, perikanan lele, peternakan ayam dan kelinci serta memanen hasil budidaya tanaman hortikultura dan ikan lele.

Saat berbincang dengan suara keadilan seusai peninjauan, Suryo Banendro mengatakan bahwa program KRPL merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian RI sebagai upaya pemanfaatan pekarangan atau lahan terbatas di sekitar rumah, yang dilakukan secara intensif untuk budidaya tanaman pangan seperti sayuran, buah-buahan, peternakan dan perikanan darat.

Dikatakan, program ini diarahkan bagi kaum perempuan atau ibu rumah tangga agar lebih produktif dalam membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga.
“Memang bukan dalam skala industri tapi masih dalam skala rumah tangga dengan harapan akan terjadi kesinambungan ketersediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam,” kata Suryo.

Ir. Suryo juga menyampaikan bahwa dari kajian akademisi yang telah dilakukan, ternyata adanya KRPL telah mampu mengurangi pengeluaran Rp. 5.000 – Rp. 9.000 per hari.

Ketua KWT Ceria Eny Woro Tri Subekti mengatakan yang disampaikan Kadishanpan Jateng dimana adanya KRPL memang telah mampu mengurangi biaya hidup para anggota KWT Ceria.
Woro mengatakan kebutuhan seperti sayuran sebagian sudah bisa dipenuhi dari hasil budidaya yang dilakukan.

Sementara itu, terkait dengan keikutsertaan KWT Ceria dalam lomba KRPL tingkat nasional, Kepala DPP Kabupaten Kendal Ir.Diah Aning Budiarti, KWT Ceria akan mendapatkan pendampingan dan bimbingan dari Dishanpan Jateng.
“Para penyuluh dari DPP Kabupaten Kendal juga akan terus melakukan penyuluhan secara intens agar Kawasan Rumah Pangan Lestari yang dikelola oleh KWT Ceria mampu meraih prestasi terbaik,” pungkas Diah Aning. (ADP/01/09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here