Pastikan Keamanan, Brimob Bersama Ormas Jaga Gereja Selama Natal

0
29
Keterangan Foto: Petugas Brimob dari Polda Jateng memeriksa sejumlah gereja di Kendal.

KENDAL – Untuk memastikan keamanan selama ibadah Natal, Tim Gegana Satbrimob Polda Jateng  dibantu  dengan anggota Satuan Sabhara Polres Kendal melakukan sterilisasi lima gereja besar di Kabupaten Kendal, Senin (24/12/2018). Lima Gereja itu beradai di empat kecamtan yakni, Kecamatan Kendal Kota, Weleri, Sukorejo, dan Boja.

Komandan Tim Gegana, Iptu Tugimin mengatakan, dengan persenjataan dan peralatan yang lengkap petugas mengecek seluruh bagian ruang Gereja untuk menemukan benda mencurigakan dan membahayakan sebelum Gereja tersebut  digunakan untuk peribadahan perayaan Natal.

Dikatakan, sterilisasi ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman, aman dan tenang kepada umat nasrani yang akan melaksanakan ibadah Natal. Dijelaskan, sesuai intruksi pihaknya melakukan pengecekan di lima gereja.”Hasil sterilisasi, tidak ditemukan benda mencurigakan maupun berbahaya di gereja yang sudah dicek,” tutunya.

Tugimin menambahkan meski dalam pengecekan tidak ditemukan benda berbahaya dan mecurigakan, timnya akan tetap melakukan pengaman di gereja-gereja di Kabupaten Kendal selama dua hari yakni tanggal 24 hingga 25 Desember”Tahun baru kami akan melakukan pengaman lagi di Kabupaten Kendal. Oleh sebab itu kami berharap agar masyarakat saling membahu menciptakan situasi aman di Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Salah satu Gereja yang dilakukan sterilisasi oleh tim Gegana dan Sabhara Polres Kendal yakni Gereja St Martinus Weleri. Wakil Ketua Panitia perayaan natal di Gereja St Martinus, Yulianus Tedy Sukono mengatakan dalam hal keamanan pihaknya juga telah memasang CCTV di beberapa tempat dan menyiapkan tim Keamanan sendiri dari pihaknya.”Dalam Keamannya nanti kami juga akan dibantu oleh Banser, Lindu Aji dan Patriot Garuda Nusantara (PGN),” jelasnya.

Ketua PGN Kendal Said yang disapa Kiai Gentho mengatakan, kegiatan ini sebagai kepedulian PGN terhadap sesama anak bangsa sekaligus sebagai wujud saling menghormati antar pemeluk agama.”Ini wujud berbangsa dan ber Bhinneka Tunggal Ika yang kami lakukan. Semoga Indonesia selalu diberikan keamanan dan kedamaian,” harapnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here