Jalan santai “Sarungan” Memeriahkn Peringatan hari santri di kota wali

0
309

DEMAK – Demak merupakan salah satu daerah yang dikenal sebagai kota santri. Bahkan jalan santaipun warga NU Demak tidak bisa melepaskan kesan santri karena tetap memakai pakaian khas “sarungan”. Meski jalan santai memakai sarung namun berlangsung meriah.

Jalan santai dengan lokasi start di bawah videotron komplek simpang enam Demak, Minggu (18/11/2018) menempuh jarak sekitar 1 km diikuti ribuan warga nahdliyin, santriwan/ wati se-kabupaten Demak.

Ida Nur Saadah, anggota DPRD Propinsi Jateng yang juga tokoh Muslimat NU Demak menyatakan Jalan santai dengan semangat “Manut dawuhe kyai, yo ngaji, yo ngopi, yo heppy” serta disediakan ratusan hadiah doorprize mulai sepeda motor, sepeda gunung dan lain-lain menambah semangat para peserta.

Dikatakan tujuan diadakan jalan santai sarungan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW adalah untuk memupuk persatuan dan kesatuan sesama santri dan warga Nahdliyin sekabupaten Demak, sekaligus menumbuhkan kepedulian untuk hidup sehat dengan berolah raga walau hanya sekedar jalan sehat.“Ada banyak manfaat diadakan jalan santai ini disamping melestarikan budaya kas sarungan, memupuk rasa persatuan, juga tidak kalah penting adalah membudayakan pola hidup sehat dengan berolah raga walau sebatas jalan sehat. Harapanya para santri dan warga nahdliyin tidak hanya sehat rohani dengan belajar mengaji dan ilmu agama namun juga sehat jasmani dengan gemar berolah raga,” kata Ida.

Dibawah terik matahari dan penuh harapan, peserta antusias mengikuti acara dan menunggu pengundian doorprize

Nasir, salah satu peserta jalan santai mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini, ” ini kegiatan yang sangat luar biasa dan unik, semua berbaur disini dengan memakai sarung, semoga dengan adanya kegiatan ini ukhuwah warga nahdiyyin dan warga demak khususnya, lebih terjaga dan selalu kompak,” ungkap nasir.

Baca juga :  PC GP Ansor Demak Gelar Kursus Kuliner Nusantara Membuat Mie Pelangi

Di sela-sela menunggu undian hadiah door prize Jalan santai dengan memakai busana kas ala warga nahdliyin ( Sarungan ), joke guyon penyemangat kas santri Demak “ Ojo ngaku wong Demak yen isin sarungan “ kembali beredar. Dengan sarungan santi Demak tetap bisa berkiprah di segala bidang.(EKS/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here