Meriahkan Hari Pahlawan, Kodim 0715-Tosan Aji Kendal Gelar Parade Budaya

0
35
Keterangan Foto: Tosan Aji Bahurekso Kendal akan menggelar lomba keris tingkat nasional.

KENDAL – Untuk memeriahkan dan memperingati Hari Pahlawan dan Hari Juang Kartika, Kodim 0715 dan Paguyuban Tosan Aji Bahurekso Kendal menggelar Parade budaya diantaranya  Lomba Koleksi Keris tingkat  nasional. Lomba koleksi keris ini memperebutkan piala Dandim Cup Kendal 2018 yang digelar di GOR Bahurekso Kendal pada tanggal 9-10 November 2018.

Ketua Panitia Lomba, Jupriono, mengatakan, tujuan pameran ini untuk memberikan wawasan kepada generasi penerus, bahwa keris sebagai peninggalan budaya leluhur merupakan benda seni budaya yaitu seni tempa. Bukan sebagai benda klenik yang berbau syirik.”Yang harus diluruskan itu, bahwa keris itu merupakan benda hasil kreasi seni budaya, yaitu seni tempa, bukan benda yang dikaitkan dengan klenik atau mistis,” ujarnya.

Dikatakan, Adapun kriteria yang dilombakan yakni non kinatah, bilah keris, bilah keris pamor Keleng, keris kamadikan, khusus tombak. Benda pusaka keris dan tombak yang akan dipamerkan berjumlah 500 lebih, mulai yang tertua peninggalan zaman Kerajaan Singosari, Majapahit, Demak, Kediri, Pajang dan Mataram Sultan Agung.

Keterangan Foto: Selain lomba keris panitia juga akan menggelar lomba perkutut.

Menurutnya, lomba ini berhadiah uang tunai total Rp 5juta, tropy dan piagam. Hingga hari ini telah tercatat sebanyak 50 peserta dari berbagai daerah Jawa dan luar Jawa, di antaranya dari Lombok, Jakarta dan Palembang.”Jadi bagi yang berminat dan belum mendaftar tentunya masih ada kesempatan. Pendaftaran ditutup paling lambat tanggal 9 pagi dan silakan hubungi panitia lomba,” katanya.

Biaya pendaftaran lomba koleksi keris Dandim Cup 2018 sebesar Rp 150 ribu, sementara untuk biaya pendaftaran bursa keris sebesar Rp 300ribu. Jupri menjelaskan, kegiatan ini akan berlangsung meriah karena untuk acara pembukaan saja tamu undangan akan dihibur tarian dan hiburan lainya.

Ditambahkan, untuk melengkapi kegitan itu nantinya juga diadakan seminar UMKM, pentas seni budaya, ngonthel bareng dan lomba perkutut lokal. Sementara itu koordinator lomba perkutut lokal Beni mengatakan, untuk lomba lomba perkutut akan berlangsung di Stadion Madya dan diikuti ratusan peserta.”Kita semua berharap kegiatan berjalan lancar aman dan sukses,” harapnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here