Dinsos Sosialisasi Penutupan Gambilangu Bersama Resos

0
16
Keterangan Foto: Dinas Sosial Kabupaten Kendal sosialisasi dan pendataan penghuni Gambilangu Kaliwungu.

KENDAL – Dinas Sosial Kabupaten Kendal melakukan sosialisasi program Kementerian Sosial yang menargetkan tahun 2019, Indonesia bersih Lokalisasi. Sosialisasi penutupan dan proses pendataan penghuni Lokalisasi Gambilangu dilakukan bersama pengurus resos dan penghuni di Desa Sumberejo Kaliwungu, Rabu (07/11/2018). 

Proses pendataan yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Kendal didampingi oleh petugas Satpol PP, anggota TNI, dan Polri serta pendataan turut dibantu dengan perangkat desa setempat.

Kasi Anak, Keluarga dan Lansia Wahyudi mengatakan jika kegiatan pendataan untuk mengetahui secara pasti jumlah penghuni. Dikatakan, pendataan ini merupakan hari pertama yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pasti berapa jumlah penghuni yang ada.”Di Gambilangu dan pendataan ini adalah bagi mereka penerima manfaat,” terang Wahyudi.

Menurut Wahyudi, sebelum pendataan ini sempat dilakukan kegiatan pra penutupan dengan memberikan pelatihan kepada 40 orang. Pelatihan meliputi pembelajaran pembuatan kue.

Ketua Rehabilitasi Sosial (Resos) Kasmadi menyampaikan, terdapat beberapa peserta pelatihan yang telah mengajukan Usaha Mirko Kecil dan Menengah (UMKM), pihaknya mengatakan ingin berfokus pada usaha kue.“Dari hasil pelatihan kemarin ada yang meminta izin kepada saya untuk dibantu mengajukan UMKM, dan jika memang serius nanti akan dibantu oleh pusat dari Jakarta” jelas Kasmadi.

Sebelumnya, Dinas Sosial Kabupaten Kendal sudah melakukan sosialisasi penutupan kedua lokalisasi di Kendal yaitu Gambilangu dan Alaska kepada seluruh stake holder, ulama dan tokoh masyarakat disalah satu hotel di Kendal. Hasilnya, semua sepakat kedua lokalisasi ditutup namun harus dilakukan langkah antisipasi dan persiapan yang matang. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here