Santri Jadi Pelopor Pemilu Damai

0
171
Keterangan Foto: Perayaan hari santri di Kabupaten Batang dimeriahkan dengan permainan angklung.

BATANG – Sambut hari santri, ribuan santri di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menggelar aksi kreatifitas anak pesantren serta jadi pelopor pemilu damai, Minggu (21/10/2018). Pentas kreasi santri dari berbagai tingkatan di pondok pesantren taman pelajar Islam Al Hidayah, Desa Plumbon Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dari sejumlah kreatifitas anak pesantren salah satunya yang paling menonjol ditampilkan yakni seni musik angklung yang dikemas dengan gambus ala Nisa Sabyan yang saat ini tengah naik daun.

Para santriwan santriwati yang menyaksikan pentas tersebut, terhipnotis dengan sholawatan yang dikemas dengan musik tradisional berkolaborasi dengan alat musik modern.

Dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan dari berbagai rangkaian peringatan hari santri yang jatuh pada tanggal 22 oktober. Tahun ini merupakan peringatan yang kedua sejak disahkan penanggalanya oleh pemerintah yakni Joko Widodo Presiden Republik Indonesia. Dalam memaknai hari santri, para pelajar pondok pesantren yang terkesan kuper serta ketinggalan jaman kini terpatahkan sudah. Dengan sejumlah pertunjukan serta prestasi yang ada, sebagai wujud peran santri sangat pentin bagi bangsa ini. Salah satunya contoh, santri bisa bermain musik modern namun tidak meninggalkan kultur asli tanah airnya,” kata Nikmatul Ainiyah dan Imam Musbikhin, Santri dari Ponpes TPI Al Hidayah Plumbon.

Sementara itu pengasuh pondok pesantren TPI Al Hidayah Desa Plumbon, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, memaknai hari santri tahun ini dengan berbagai kegiatan. Selain itu, para santri merupakan sebagai benteng terakhir penjaga keutuhan kedaulatan negara kesatuan republik indonesia yang akhir-akhir ini banyak upaya pemecah belah bangsa terus merongrong persatuan dan kesatuan anak negeri ini,”Tuturnya, Muhammad Sulton Syair.  

Dikatakan, selain itu banyaknya berita hoax dan ujaran kebencian yang tengah terjadi disaat memasuki musim pemilu tahun 2019.” Peran pelajar dari kalangan pesantren selain berkreasi juga keterlibatanya sebagai pelopor pemilu damai sangatlah penting dan sesuai dengan ajaran agama islam yakni amal ma’ruf nahi mungkar,” pungkasnya. (UJ/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here