Tradisi Sedekah Bumi Kumpulrejo Meriah

0
12
Keterangan Foto: Pemdes Kumpulrejo menggelar sedekah bumi dan Haul Mbah Kyai Kedu Heru Cokro Hadi Saputro pertama kali.

KENDAL – Tradisi sedekah bumi dan Haul Mbah Kyai Kedu Heru Cokro Hadi Saputro pertama kali di adakan Pemdes Kumpulrejo, Kecamatan Kaliwungu, Kupaten Kendal Jawa tengah, Sabtu (15/09/18).

Kegiatan tradisi sedekah bumi baru pertama kali dilaksanakan itu dihadiri Muspika Kaliwungu, Disporapar Kendal, dan para tamu undangan, di meriahkan grub Marching Band dari siswa siswi MI dan SD Kumpulrejo, ibu – ibu PKK, Kelompok Tani, Karang Taruna, Club Motor RX King, Ungsur Ormas PP, Banser, Ansor, serta warga masyarakat desa setempat. Warga terlihat kompak dengan menggunakan beragam kreasi busana dan kostum menambah semarak dan meriahnya acara.

Masduki panitia kegiatan mengatakan dirinya sangat mengapresiasikan  kinerja semua panitia sehingga acara tersebut terlaksana dengan baik. Dikatakan, kekompakan panitia selama acara membuat kegiatan berjalan lancar. “Alhamdulilah semua kegiatan berjalan lancar sesuai harapan,” katanya.

Kepala Desa Kumpulrejo Agus Mumpuni berharap masyarakat tetap mendukung kegiatan ini. “Saya berharap agar para warga mendukung penuh kegiatan sedekah bumi dan khoul Kyai Kedu Heru Cokro Saputro,” terang dalam sambutannya.

Agus menceritakan sejarah desa Kumpulrejo. Kyai Kedu Heru Cokro Saputro, salah satu wali di Desa Kumpulrejo, keturunan kerajaan Mataram Islam yang pada masanya berjuang menyebarluaskan ajaran Islam abad ke-17 di Desa Kumpulrejo Kaliwungu.

“Karena itu apa salahnya kalau kita sebagai generasi penerus bangsa nguri-uri dan melestarikan warisan leluhur dengan memberikan penghormatan sebagai bentuk penghargaan bahwa kita akan tetap selalu mengenang jasa – jasa beliau dimasa lampau dalam menyiarkan agama Islam yang rahmatan lil alamin,” tambahnya.

Dirinya berharap tahun berikutnya acara karnaval seperti ini akan tambah meriah dan lebih kompak disamping membuat guyub rukun pemuda Desa Kumpulrejo khususnya akan tetap terjaga demi kemajuan Desa ini.

Dalam acara tersebut juga memberikan santunan pada anak – anak yatim para janda dan sebagian warga desa setempat yang kurang mampu, untuk acara puncak sedekah bumi dan haul kyai Kedu Heru Cokro Hadi saputro adalah pengajian akbar yang akan dilaksanan pada sabtu malam harinya yang akan dihadiri oleh KH. Izzudin Abdusalam, Kh A Fauzi Shodaqoh , Habib Firdaus dan Habib Fauzi di iringi grup Nassyidaria Gambus Al Muqorobin dari Kendal Jawa Tengah yang sudah menjadi icon musik islami. (medianasional.id/CHY/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here