Wiwitan PT IGN Meriah, Warga Berharap Pabrik Terus Eksis

0
24
Keterangan Foto: Acara Wiwitan PT IGN ditandai dengan iring-iringan pengantin tebu yang dibawa Sinang-Sinok Kendal 2018.

KENDAL – PT Industri Gula Nusantara (IGN) menggelar wiwitan atau giling tebu perdana, Sabtu (15/09/2018). Tradisi wiwitan ini sebagai tanda resmi beroperasinya PT IGN, setelah tiga tahun tidak ada aktifitas. Wiwita juga bentuk penghormatan dan pelestarian budaya leluhur serta permohonan doa kepada Tuhan, agar giling tebu dapat berjalan dengan lancar.

Proses Wiwitan, dimulai sejak tanggal 14 September diawali dengan acara pengambilan tebu yang dijadikan sebagai pengantin tebu putra yang diberi nama Abdullah dan tebu putri diberi nama Siti Rohmah. Untuk acara inti Wiwitan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, Sabtu 15 September 2018, dengan iring-iringan dan kirab pengantin tebu keliling pabrik yang diiringi reog, barongan dan drum band dari SDN 03 Cepiring. Prosesi penggilingan tebu dimulai dengan penekanan bersama tombol sirine oleh jajaran Direksi PT IGN.

Ratusan masyarakat sekitar sudah lama tidak lagi menyaksikan tradisi wiwitan, berjubel ingin menyaksikan dan menjadikan lalulintaas di depan PT. IGN tersendat.  Salah satu warga yang ikut menyaksikan Wiwitan, Ade mengatakan, masyarakat menyambut suka cita dengan digelarnya Wiwitan PT IGN.

Keterangan Foto: Wiwitan PT IGN juga dimeriahkan hiburan rakyat berupa reog, drumband dan barongan.

Ade mengatakan beroperasi PT IGN juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Cepiring dan Kendal pada umumnya. Pihaknya berharap agar perusahanan yang sudah kembali dibuka ini jangan sampai tutup dan bisa menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kendal. “Kami berharap dengan beroperasinya PT IGN akan menambah peluang kerja bagi masyarakat Kendal dan mampu meningkatkan perekonomian,” ujarnya. 

Direktur Utama PT IGN Cepiring, Bernadi Darmawan mengatakan, upacara mengarak Pengantin Tebu ini menandai beroperasinya pabrik gula di Kabupaten Kendal, setelah tiga tahun tidak ada produksi. Pihaknya berharap PT. IGN bisa terus berkembang dan meningkat jumlah produkasinya. Target produksi di tahun 2018 ini minimal bisa mencapai 40.000 ton.”Sebenarnya kapasitas giling tebu per hari 2.000 ton, namun karena tiga tahun lebih pabrik ini berhenti, maka targetnya hanya 40.000 ton,” ujar Darmawan.

anagemen sangat berharap beroperasinya kembali PT IGN kedepan semakin membawa  bermanfaat untuk warga Cepiring khususnya dan Kendal pada umumnya. Selain itu bisa mendukung iklim investasi di Kabupaten Kendal. Managemen sangat mengharap dukungan dan doa restu dari masyarakat Cepiring dan sekitarnya agar PT IGN dapat terus menerus memberikan manfaat dan berkah untuk Kendal bahkan termasuk memberikan dampak positif untuk meningkat Pengajsilan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kendal sehingga terwujud masyarakat Kendal yang sejahtera.(AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here