Destinasi Wisata Alam Petik Seribu Buah Bandung

0
26

BATANG – Belanja buah-buahan di toko atau swalayan sudah menjadi hal yang biasa dan lumrah dilakukan oleh para ibu-ibu dan masyarakat pada umumnya. Namun di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terdapat destinasi baru yang patut dikunjungi, terlebih saat menghabiskan liburan bersama keluarga, yakni wisata petik seribu buah. Jadi sekarang tidak perlu lagi jauh-jauh harus ke tempat wisata petik buah apel di Jawa Timur dan strawberry di Jawa Barat, cukup datang saja ke Pecalungan.

Sukses mengembangkan budidaya tanaman jambu kristal, kini kebun buah yang ada di Desa Bandung, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mulai merintis wisata petik seribua buah dengan menerapkan konsep agrowisata. Dengan ditandai pemetikan perdana buah jambu kristal oleh Bupati Batang, Wihaji, di musim panen seperti saat ini (14/09/2018).
Dalam mendukung agrowisata kebun buah Desa Bandung, telah tertanam 12 jenis buah berkualitas unggul seperti, jambu kristal merah, jambu kristal putih, jambu air mutiara, klengkeng diamond, durian lokal, mangga, jeruk, pepaya, dan pete, yang terdapat di lahan seluas 5,5 hektar, dan berada di ketinggian 200 mdpl.
Nantinya menurut Bupati Batang, Wihaji, agrowisata kebun buah bandung, akan ditetapkan juga sebagai kampung buah dengan potensi tanaman buah yang lengkap, termasuk akan dilakukan pendampingan langsung dari dinas pertanian sebagai perwujudan agar bisa dijadikan pilot projek bagi pengembangan kebun buah yang sama di daerah lain,”Ujarnya. Sementara itu sebagai penggagas awal kebun buah, Kepala Desa Bandung, Kecamatan Pecalungan, Kholidun menjelaskan, nantinya dari hasil pengembangan agrowisata, pihaknya akan terus melengkapi sarana fisik untuk bisa menarik minat wisatawan agar betah, termasuk perluasan lahan untuk kebutuhan kebun buah yang terus bertambah koleksinya,”Jelasnya.
Dari hasil penelitian dinas pertanian sejak tahun 1980, kawasan dataran tinggi Pecalungan yang berhawa tidak terlalu panas sangat cocok bagi pengembangan berbagai varietas buah unggulan, sehingga layak menjadi sentra tanaman buah maupun atau kampung buah yang sedang dirintis.(UJ/6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here