Karnaval Budaya Pagertoyo Meriah

0
186
Keterangan Foto: Kades Pagertoyo H Sujarno SE memimpin rombongan karnaval budaya Desa Pagertoyo Kecamatan Limbangan.

KENDAL – Ribuan warga tumpah ruah mengikuti karnaval budaya yang diselenggarakan pemerintah Desa Pagertoyo Kecamatan Limbangan, Minggu (12/08/2018). Karnaval budaya ini diselenggarakan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dan Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-413 ini, mengambil rute jalan desa sejauh 2 km. Harapannya, agar seluruh warga desa Pagertoyo dan warga desa tetangga bisa ikut menyaksikan acara tersebut. Tidak hanya manusia, ‘Trenggiling’ raksasa yang terbuat dari anyaman bambu juga ikut memeriahkan karnaval tersebut.

Kades Pagertoyo H Sujarno SE mengatakan, karnaval ini merupakan bentuk penghormatan pemerintah Desa Pagertoyo untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang selalu diperingati seluruh masyarakat Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.”Karnaval ini mengenang perjuangan pendahulu kita, juga untuk menggugah kesadaran masyarakat mengingatkan pentingnya budaya di desa,” jelas Sujarno. 

Keterangan Foto: ‘Trenggiling’ Raksasa iku memeriahkan karnaval budaya Desa Pagertoyo.

Dikatakan, dalam karnaval ditampilkan kesenian Jawa kesenian jaman sekarang sehingga semua kreativitas warga dari orang tua dan anak muda bisa tertampung semua. Dikatakan, karnaval ini diikuti semua lapisan masyarakat mulai dari RT, RW, SD, TK, madrasah tokoh masyarakat pemuda turun semua untuk ikut memeriahkan.”Dengan kegiatan ini kami harapkan mampu meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme masyarkat,” ujar Kades Sujarno.

Sedangakn Camat Limbangan Widodo SSos mengatakan karnaval budaya yang diselenggarakan Desa Pagertoyo berlangsung sangat meriah. Dikatakan, meski hanya tingkat desa, karnaval ini sangat ramai dan sepatutnya mendapatkan apreasi.”Karnaval tingkat desa aja semeriah ini, luar biasa,” katanya. 

Menurut Widodo, Karnaval ditingkat kecamatan akan dilaksanakan 20 Agustus mendatang dengan melibatkan masing kepala desa dan perwakilan warga.”Karnaval ini juga untuk mensosialisasikan HUT Kendal ke-413 semeriah mungkin, serta untuk menghidupkan adat budaya, etika di Kecamatan Limbangan,” jelasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here