Kelompok Tani Cabe Bangunsari Minta Bantuan pompa Air

0
59
Keterangan Foto: Anggota Komisi IV DPR RI, Drs H Fadholi memberikan arahan saat kunker di Desa Bangunsari Kecamatan Patebon Kendal.

KENDAL – Kelompok tani Cabe di Desa Bangunsari Kecamatan Patebon meminta bantuan pompa air untuk memenuhi kebutuhan air tanaman cabe mereka. Selain itu mereka juga minta dibuatkan saluran irigasi agar masalah pengairan bisa datangi dengan baik, terutama saat musim kekeringan seperti saat ini. 

Salah satu kelompok tani, Bangunsari, Sukendar mengatakan saat ini hasil tanaman cabe cukup bagus, namun musim kemarau seperti ini membuat kelompok tani cukup kesulitan mendapatkan air. Untuk itu kelompok tani membutuhkan bantuan pompa dan saluran irigasi yang memadai agar kebutuhan air bisa dicukupi.”Kami harapkan usulan bantuan itu bisa direalisasi,” jelasnya.

Dikatakan, petani juga mengharap pemerintah bisa mengamankan harga cabe saat musim panen dan memastikan tidak melakukan Import cabe saat musim panen. Anggota Komisi IV DPR RI Drs H Fadholi mengatakan hasil pertanian itu fluktuatif sehingga ketika ada panen raya banyak barang, pemerintah harus mendampingi budidaya dan penjualan jangan sampai ada yang mempermainkan harga. 

Menurut Fadholi, bantuan belum maksimal, sehingga paska panen harus ada pendampingan dan pelatihan mengolah komoditas termasuk cabe. Dikatakan, kalau ada kerja sama dengan pabrikan dan membuat pelatihan seperi membuat saos dan sambel maka harga cabe akan bisa dimaksimalkan.”Kalau ini bisa dilakukan maka, kesejahteraan petani akan meningkat,” jelasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here