DPKUKM Gencar Sosialisasi Informasi Penyediaan Permodalan

0
112
Keterangan Foto: DPKUKM terus mensosialisasikan bantuan permodalan untuk meningkatkan daya ungkit UMKM di Kendal.

KENDAL – Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kabupaten Kendal bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) lakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan tema “Dukungan Informasi Penyediaan Permodalan”, di Aula Kecamatan Kangkung, (24/07/2018). 

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di Kecamatan Kangkung. Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber yaitu Cicik Sulastri dari DPKUKM, Delta Lexi Arbawa dari Forum UMKM Kabupaten Kendal, Sugeng Riyadi selaku Camat Kangkung serta dari pihak BRI Unit Truko.

Delta mengatakan bahwa kesulitan masyarakat awam biasanya terhambat di permodalan, pengemasan, marketing dan modifikasi. Dia mengajak masyarakat jangan sungkan untuk menggunakan pinjaman KUR di BRI karena sudah di subsidi oleh pemerintah untuk biaya permodalan. 

Pihaknya menilai, pelaku usaha kurang adaptif mendaftarkan usahanya mendapatkan surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). Sehingga pemerintah kesulitan untuk mendampingi dan membina. Dikatakan, target yang diberikan DPKUKM kepada Forum UMKM yaitu 1000 IUMK pertahun, dan setiap kecamatan minimal ada 50 masyarakat atau pengusaha yang memiliki IUMK.

Dijelaksan, manfaat memiliki IUMK sangat banyak antara lain, pemerintah akan memfasilitasi dan memantau.”Bahkan akan diberikan bantuan alat, bahan baku, internet marketing, dan berdaya saing tinggi,” jelasnya.

Delta berpesan, tips untuk anak muda sekarang yang ingin memulai usaha dan masih bingung akan terjun di bidang apa, maka jangan menutup diri, “Untuk anak muda jangan menutup diri, karena anak muda biasanya masih idealis dan minat menjadi pengusaha masih minim. Maka bergabunglah ke komunitas atau organisasi pengusaha agar sukses dan bisa menciptakan ide-ide baru,” ujarnya. (AR/01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here