Gaung Asian Games Kurang, Masyarakat Diminta Ikut Partisipasi

0
68
Keterangan Foto: LPDUK Kemenpora menggelar sosialisasi Asian Games untuk Kabupaten Kendal.

KENDAL – Dukungan dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk mensukeskan dan memeriahkan Asian Games yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang dalam waktu dekat. Hal tersebut disampaikan Ahmad Fauzan dari Lembaga Pengelola Dana Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenporam saat menggelar sosialisasi pelaksanaan Asian Games 2018 di Kabupaten Kendal yang dilaksanakan di Aldila Resto, Senin (23/07/2018).

Fauzan mengatakan, Indonesia mentargetkan 22 medali emas dan masuk 10 besar, untuk itu membutuhkan dukungan dan doa semua pihak seluruh rakyat Indonesia agar memperoleh prestasi yang gemilang. Dikatakan, progres pembangunan infrastruktur Asian Games sudah siap dan tinggal sedikit lagi jadi.”Berdasarkan laporan panitia di Palembang sudah mencapai 99 persen,” jelasnya.

Dikatakan, masyarakat diharapkan mengenal maskot-maskot Asian Games ada tiga yaitu Burung Cendrawasih menggunakan baju rompi corak suku Asmat, Rusa memakai sarung batik timpal dari Jakarta ketiga maskot Badak pakai baju tradisional Palembang. 

Menurut Fauzan dengan sosialisasi maka Asian Games bisa membumi sampai pelosok tanah air. Dijelaksan, banyak dampak positif dari pelaksanaan Asian Games di Indonesia bak langsung maupun tidak langsung. Dikatakan, terbangun fasilitas infrastruktur olahraga, pembangunan LRT di Palembang dan fasilitas lain. 

Panitia memprediksikan ajang, Asian Games akan mendatangkan 200 ribu wisatawan manca negara 7000 atlet dari berbagai negara seluruh Asia.”Banyak dampak positif terutama ekonomi sangat luar biasa, peningkatan lapangan kerja baru dan masih banyak lagi,” jelasnya. 

Fauzan menambahkan, 56 tahun lalu tepatnya 1962 Indonesia punya prestasi luar biasa menjadi bahkan menjadi peringkat dua saat menjadi tuan rumah pertama Asian Games ke-4.”Sekarang untuk meraih prestasi itu sangat sulit sekali,” jelasnya. 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tavip Purnomo mengatakan, Porprov lalu Kabupaten Kendal ranking 23, untuk itu pada Porprov September-Oktober mendatang Kendal mentargetkan 15 besar. Tabip mengakui, memang masih banyak kekurangan fasiltasn infrastruk untuk latihan masing-masing-masing cabang olahraga.”Untuk itu, Pemkab bertekad untuk terus membenahi infrastruktur,” ujarnya. Tavip menjelaskan, Kendal menjadi gudang atlet takraw juara dunia namun mereka lari daerah lain karena kurang perhatian. 

Sementara itu Anggota DPR RI Komisi X Mujib Rohmat mengaakan, momentum Asian Games dipadukan dengan wisata dan perekonomian naik itu kuliner, marchindise dan lainya. Menurut Mujib, pelaksanaan Asian Games harus sukses administrasi, sukses penyelenggara dan sukses prestasi dan sukses ekonomi.”Untuk itu harus ada peran serta dan kesiapan masyarakat agar bisa membawa pulang menawa marchindise, peluang ekonomi usaha.“Masalah keamanan dan transportasi juga harus memadai untuk memperlancar pelaksanaan Asian Games di Indonesia,” harapnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here