Artis Hollywood ‘Blusukan’ Ke Kalirandu Gede-Kartikajaya

0
26
Keterangan Foto: Artis Hollywood Gary White dan Matt Damon didampingi Direktur Utama PD BOR BKK Kendal Akhmad Mundolin SSos MM blusukan ke Desa Kalirandu Gede Kecamatan Cepiring dan Kartikajaya Kecamatan Patebon.

KENDAL – Artis Hollywood Gary White dan Matt Damon blusukan ke beberapa desa di Kabuapten Kendal, Kamis (05/07/2018). Desa yang beruntung dikunjungi dua artis kelas dunia itu Desa Kalirandu Gede Kecamatan Cepiring dan Kartikajaya Kecamatan Patebon. Kedatangan mereka bertujuan untuk melihat sistem air Communities Base Organizational (CBO) yaitu CBO Tirto Lestari di Desa Kalirandu Gede dan CBO Kartika Tirta di Desa Kartikajaya.

Sebuah program yang diusung water.org, guna membantu penyediaan akses pembiayaan air bersih bagi masyarakat kurang mampu sebagai program unggulan PD BPR BKK Kendal yang bekerja sama dengan Water.ogh. Mereka juga bisa melihat peran kemitraan dengan lembaga keuangan dan perusahaan air mempunyai peran penting penting untuk mempercepat tujuan universal air dan sanitasi ke rumah tangga, terutama masyarakat berpenghasilan rendah.

 Direktur Utama PD BPR BKK Kendal, Akmad Mundolin SSos MM mengatakan, kredit ini diberikan untuk membantu tugas Pemerintah dalam memberikan akses air bersih dan sanitasi. Dikatakan, pihaknya sengaja memberikan kredit ini karena sebagai bank milik pemerintah yang konsen menangani kredit mikro.” Keberadaan PD BPR BKK Kendal sampai ditingkat kecamatan sehingga akan lebih mudah dijangkau oleh masyarakat,” jelasnya.

Dikatakan, kredit ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat kurang mampu terutama dalam hal penyediaan air bersih dan jamban yang sehat. Menurut Mundolin, ada tiga manfaat pokok kegiatan ini yaitu manfaat sosial mengubah perilaku anggota masyarakat dari budaya hidup tidak sehat menjadi kebiasaan yang sehat. Manfaat ksehatan dengan adanya perubahan perilaku akan mengurangi angka sakit di masyarakat.’’Sedangkan manfaat ekonomi masyarakat yang berperilaku sehat maka akan meningkatkan produktivitas keluarga yang pada akhirnya kemampuan ekonomi masyarakat akan tumbuh,’’ jelasnya.

Keterangan Foto: Direktur Utama PD BPR BKK Kendal menyampaikan program CBO kepada artis Hollywood.

Dijelaskan, plafond kredit  program BKK Air ada empat padam paket yaitu paket Sanitasi terbagi menjadi empat yaitu paket 1, Rp 1,2 juta, paket 2 Rp 1,6 juta, paket 3 Rp 1,7 juta dan paket 4 Rp 2 juta. Kedua paket sambungan rumah PDAM Rp 2 juta, paket kredit sumur resapan Rp 10 juta, paket bak penampungan Rp 2 juta dan untuk Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPSPAM) plafon kredit maksimal Rp 50 juta. ‘’Kredit yang kami berikan berbentuk barang bukan uang, agar tidak dimanfaatkan untuk kepentingan lain,’’ ujar Mundolin.

Kepala Desa Kalirandugede Cepiring, Musikan mengaku kaget ketika kedatangan Matt Damon. Sebab informasi yang ia peroleh, akan ada orang luar negeri melihat Pamsimas, proyek air bersih yang dikelola masyarakat desanya.“Ia datang jam 09.30 WIB hingga 11.30 WIB,” ujar Musikan, Selasa (10/07/2018).

Dikatakan, Di Desa Kalirandugede, Matt Damon diberi hidangan makanan khas Jawa, di antaranya klepon. Klepon terbuat dari tepung ketan yang di bagian tengahnya dibeli gula merah.“Dia senang makan klepon,” ujarnya. Ditambahkan, dahulu masyarakat yang sudah mendapatkan akses air bersih meminum air asin, memiliki air sungai yang tidak jelas, dan depresiasi air sumur hanya sedikit.”Dengan adanya program CBO yang merupakan kerjasama Water.ogh dengan PD BPR BKK Kendal air bersih mudah didapat,” jelasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here