TPS 05 Pegulon Kekurangan 53 Surat Suara

0
108
Keterangan Foto: Anggota KPU Kendal Hevi Indah Oktaria memantau pelaksanaan pemungutan suara di Lapas Klas IIA Kendal.

KENDAL – Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05 Kelurahan Pegulon Kabupaten Kendal yang berada di Lapas kelas II A Kendal, Jawa Tengah, kekurangan surat suara. Surat suara yang dikirim dari KPU Kendal sejumlah 128 lembar, masih kurang sekitar 53 lembar saat dilakukan pemungutan suara, Rabu (27/06/2018). Kekurangan ini akibat ada penambahan tahanan, kiriman dari Lapas Pekalongan beberapa waktu yang lalu.

Pencoblosan di TPS ini, sudah selesai sekitar pukul 09.00 WIB pagi. Dari daftar pemilih tetap sejumlah 128, seluruhnya sudah melakukan hak suaranya di TPS yang didirikan di dalam lapas. Pencoblosan hanya berlangsung satu jam setengah, namun petugas KPPS kekurangan surat suara sebanyak 53 lembar.

Anggota KPU Kendal, Hevi Indah Oktaria mengaku ada kekurangan sebanyak 53 lembar surat suara karena ada penambahan jumlah penghuni lapas. Penambahan jumlah penghuni lapas setelah ada kiriman tahanan dari lapas pekalongan, ke lapas kendal beberapa waktu lalu. Selain itu petugas pemilihan dan petugas lapas, yang menggunakan formulir A5 juga belum menggunakan hak pilihnya karena kekurangan surat suara.

Hevi menambahkan, surat suara tambahan akan dikirim dari TPS terdekat yang tersisa. Pihaknya mengaku optimis, kekurangan surat suara di TPS 05 Pegulon, bisa dipenuhi karena jumlah cadangan dari TPS sekitar cukup bahkan lebih.

Sementara itu Kepala Pengamanan Lapas Kendal Supriyanto mengatakan, untuk pengaturan tahanan dan narapidan yang akan mencoblos diatur.”Petugas mendahulukan narapidana terlebih dahulu, lalu kemudian tahanan untuk menggunakan hak pilihnya,” ujarnya. Dikatakan, pencoblosan di Lapas Kendal sendiri akan kembali dilaksanakan, siang hari menunggu surat suara cadangan dari TPS sekitar yang tersisa.(UJ/06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini