Kapolri Tinjau Arus Balik di Tol Fungsional Kendal

0
54
Keterangan Foto: Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi sejumlah pejabat meninjau jembatan tol fungsional Kali Kutho. (Foto : Agus Umar)

KENDAL – Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan pemantauan arus balik dibeberapa titik Tol fungsional, diantaranya jembatan Tol Kali Kuto Weleri, Selasa (19/06/2018). Jembatan tol fungsional Kalo Kutho menjadi tujuan akhir pantauan Kapolri beserta rombongan.

Kapolri mengatakan arus balik mulai mengalami peningkatan pada H+4.

Sementara terkait arus mudik dan balik pada tahun 2018, Kapolri menilai tahun ini arus lalin relatif lebih lancar. Dikatakan, titik kemacetan turut berkurang bahkan angka kecelakaan menurun drastis.”Jika dibandingkan puncak arus mudik dan balik di tahun ini dengan tahun sebelumnya, titik kemacetan mulai berkurang, arus lalu lintas relatif lancar dan angka kecelakaan jauh menurun hingga 40 persen termasuk angka fatalitas ataupun korban meninggal ikut berkurang,” ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Menurutnya, semakin kondusifnya arus lalin, salah satunya adalah adanya Trafic Management yang lebih baik, serta ketersediaan infrastruktur turut menjadi faktor utama dalam kelancaran Arus Mudik dan Balik tahun 2018.

Disisi lain Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menilai berdasarkan pengalaman pada arus balik tahun kemarin, pemudik lebih menyukai perjalanan sore dan malam hari.

“Pengalaman tahun kemarin kalau siang itu relatif volume menurun dan kondusif, tapi saat mulai masuk waktu sore hari kembali meningkat hingga malam hari, itu tandanya pengendara lebih suka perjalanan malam” Terang Kapolda Jateng.

Kendati peningkatan arus diprediksi akan terjadi pada sore hingga malam, Kapolda Jateng menyarankan kepada pengemudi yang keluar di Exit Weleri untuk lebih menggunakan jalur Pantura dan masuk kembali di Pintu tol Kandeman.

Hal ini karena jarak antara Exit Weleri dan Pintu  tol Kandeman lebih dekat melalui jalur Pantura bila dibandingkan dengan masuk di Pintu Tol Gringsing, yakni memiliki selisih 5 KM. (AU/09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here